PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS FORWARD AND BACKWARD CHAINING UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS XI MAN KOTA PARIAMAN

Jamalludin Mak'ruf, Nur Azizah

Abstract


Berdasarkan masalah di MAN Kota Pariaman diketahui bahwa Pembelajaran di MAN Kota Pariaman masih monoton dengan media kertas koran, kertas minyak, dan dapat dikatakan kurangnya guru kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Hal ini belum bisa menjadikan siswa mandiri dalam belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development ). Dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan model ADDIE. Interumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket validitas, penyebaran angket respon guru mata pelajaran dan siswa terhadap video, serta angket Self Regulated LearningSiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif yaitu mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan ke efektifan menggunakan video pembelajaran. Video pembelajaran ini divalidasi oleh 1 orang pakar materi (Pendidikan), 1 orang pakar media (IT) di IAIN Batusangkar, dan 1 orang guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadis MAN Kota Pariaman. Pada proses praktikalitas di uji cobakan pada 36 orang peserta didik kelas XI IPK 1 MAN Kota Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa persentase dari hasil validitas produk pengembangan ini adalah 84% dengan kategori sangat valid. Video pembelajaran berbasis forward and backward chaining ini dikatakan sangat praktis, hal ini dapat dilihat dari persentase angket respon peserta didik sebesar90,69% , yang berarti telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Lebih lanjut, Efektivitas video pembelajaran berbasis Forward and Backward Chaining ini ditemukan efektif dengan hasil terdapat peningkatan self regulasi learning siswa dengan katergori Tinggi, dengan skor N-gain 0,9 yang diperoleh dari hasil skor angket awal dengan skor angket akhir.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v23i2.25940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats