Peningkatan Keberanian Siswa Dalam Mengeluarkan Pendapat Melalui Diskusi Pada Pembelajaran PKN (Studi Kasus Siswa MAN Salido)

Erliyarlina Erliyarlina

Abstract


Peningkatan kemampuan mengeluarkan pendapat bagi siswa perlu diperhatikan oleh guru. Penelitian ini untuk meningkatkan keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapat dan mengetahui kesulitan siswa dalam mengeluarkan pendapat pada kegiatan diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Class Action Research. Hasil penelitian dari penelitian ini bahwa 1) melalui diskusi keberanian siswa untuk mengeluarkan pendapat dapat dioptimalkan, untuk into peranan guru sangat penting dalam membantu mengatasi kesulitan siswa. 2) Keterbatasan sumber belajar merupakan kendala bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi, 3) Kemampuan berkomunikasi turut mempengaruhi keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapatnya.4) Keterbukaan guru dalam menerima dan membantu kesulitan belajar siswa dapat membangkitkan keberanian siswa untuk mengeluarkan pendapat dalam diskusi.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: BP.Depdiknas.

E. Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya Ella Yulaelawati. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Pakar Raya.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :

: Remaja Rosdakarya.

Winarno Suerachmad. (1982). Pengantar Interaksi Mengajar Berlajar Dasar

Dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung : Tarsito.

Wiryanto. (2000). Teori komunikasi Massa. Jakarta : Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v19i2.22274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats