NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ilmu Pengetahuan Alama (IPA). Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kepustakaan atau Library research yang menggunakan berbagai sumber kepustakaan sebagai sumber data penelitian. Penelitian Kepustakaan atau Library research adalah telaah yang berkaitan dokumen yang akan diteliti, maka secara metodologis pendekatan yang digunakan adalah penomenologi. Teknikanalisi yang digunakan adalah dengan menggunakan langkah-langkah,yaitu (1) Pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) menarik kesimpulan/ verivikasi.Adapun hasil penelitian ini adalah: Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); Imaniyah (spritual), yang diharapkan adalah siswa yang selalu; (a) Menghambakan diri hanya kepada Allah saja; (b) Mewujudkan pribadi yang shalih; (c) Mengakui peribadahan merupakan tuntunan uluhiyah Allah; (d) Menjaga dan melindungi seluruh badan dari kemarahan Allah dan agar mencari kecintaan dan keridhaanNya; (e) Menjadikan seluruh aktivitas manusia demi meraih ridha Allah; (f) Menciptakan kebahagiaan hamba di dunia dan akhirat; 2) Nilai Pendidikan Khulukiyah, yang diharapkan adalah Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia; 3)Nilai pendidikan Fikriyah, diharapkan adalah siswa yang mampu; (a) Mampu Tafakkur; (b) Menyingkap hakikat beberapa perkara; (c) Menghindari khayalan; (d) Menjaga dan membentengi jiwa agar tidak terjatuh ke dalam hal-hal yang haram; (e) Merupakan azas setiap kenikmatan; (f) Menghantarkan kepada ma’rifatullah; dan (g) Tafakkur ketika membaca Al-Qur’an merupakan azas kebaikan hati dan ketenangannya; 4) Nilai pendidikan Jasadiyah, siswa diharapakan mampu, mengolah menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Keywords
Full Text:
PDF (67 - 82)References
Arinta Indah Ramadhani, Rian Vebrianto, Abu Anwar, Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Instructional Development Journal (IDJ), Volume: 3 Nomor: 3 Desember 2020 , 188-202
Aty Mulyani, Rayandra Asyhar, Upik Yelianti, Syarial, Integrasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Nilai-nilai Islam untuk Pembangunan Karakter Peserta Didik di Madrasah Aliyah, Journal Of Education in Mathematics, Science, and Technology, VOL. 1 No. 1 (2018) 16-19
Koiy Sahbudin Harahap, Khairunnas Rajab, Helmiati Helmiati, Sawaluddin Sawaluddin, Analysis of Islamic Educational Policy: Thailand Case Study, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 06 No. 01 (2022) : 54-64
Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu, Jakarta: Teraju, 2005
Maksudin, Desain Pengembangan Berpikir Integratif Interkonektif Pendekatan Dialektik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015
Mujahidus Shofa, Lin Eflina Nailufa, Arghob Khofya Haqiqi, Pembelajaran IPA Terintegrasi Al-Quran dan Nilai-Nilai Pesantren, IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, Vol 2, No 1 (2020)
Mulyadi Kertanegara, Integrasi Ilmu; Sebuah Rekonstruksi Holistik, 2005
Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010
Novianti Muspiroh, Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah, journal of empirical research in Islamic education, Vol 2, No 1, 2014, h.166-188
Nyoman Kutha Ratna, Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra, Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Wacana Naratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar MenengahJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA)
Permendiknas No. 69 Tahun dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA)
Pudin Saripudin, Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran Pendidikan Sains (IPA) Di Sekolah Dasar Negeri Sadamantra Kuningan, OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, Vol 2, No 2 2018, h.41-61
Sawaluddin Sawaluddin, Koiy Syahbudin, Imran Rido, Supardi Ritonga, Creativity on Student Learning Outcomes in Al-Quran Hadith Subjects, Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, Volume 3 Issue 2 Year 2022 Pages 257-263
Sawaluddin, Sainab, Air Dalam Persefektif Al-Qur’an Dan Sains, Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 7 No. 2. Juli – Desember 2018, h.109-122
Sawaluddin, Sainab, THE INTELLIGENT MEANING IN THE QUR'AN: Nalysis Of The Sure Potential In The Al-Qur'an As A Dimension Of Human Psychic Insaniah Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol 9, No 2, 2019, 85-106
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v22i1.16612
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats