ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB DALAM MEMAHAMI BENTUK-BENTUK KOSAKATA (studi anilisis pembelajaran bahasa arab dari segi morfologi)
Abstract
Kosa kata merupukan salah satu unsur terpenting yang harus dikuasai seseorang dalam mempelajari bahasa asing, karena penguasaan terhadap kosa kata memberikan pengaruh yang kuat terhadap penguasaan lainnya seperti kemahiran berbicara, membaca dan menulis. Untuk memahami bentuk-bentuk kosa kata dalam pembelajaran bahasa Arab seseorang harus mempelajari ilmu sharaf. Ilmu ini semakna dengan morfologi yang mempelajari seluk-beluk kata dan pembentukan nya. Yang menarik bagi penulis adalah meski materi ini telah diajarkan dikalangan Mahasiwa Pendidikan bahasa Arab namun masih ada dikalangan mahasiswa yang merasa sulit dalam memahami bahasa Arab, seperti kesulitan mereka dalam berkomunikasi, membaca teks dan menerjemahkan atau memahaminya. Penelitian ini menggunakan analitik deskreptif yaitu dengan menggunakan angket untuk mencari item-item yang dibutuhkan kemudian menganalisis angket tersebut kedalam penskoran yang telah ditetapkan. Dari penelitian ini penulis menemukan bahwa kemampuan mahasiswa dalam memahami bentuk-bentunk kosa kata dikategorikan belum menguasai karena dari 17 item bentuk-bentuk kosa kata yang diteliti hanya ada dua item yang berda pada posisi menguasai yaitu kosa kata dalam bentuk isim tafdhil 65% dan kosa kata dalam bentuk fiil amar 66%. sedangangkan lima belas item lagi dalam kategori tidak menguasai karena berda dibawah 65%
Keywords
shighat; wazan; mauzun; tasrief; frefiks; infiks; sufiks; morfem; sufix; morfem; mufrad; jamak
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v18i2.1475
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats