Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Konsep Manajemen Qalbu Menurut KH. Abdullah Gymnastiar (AA Gym)

Zulfadhly Mukhtar, Hakmi Kurniawan, Nurul Zaman, Iskandar Arnel, Hakmi Wahyudi, Hakmi Hidayat, Syafaruddin Syafaruddin

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep manajemen qalbu menurut KH. Abdullah Gymnastiar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Library Research. Adapun analisis data menggunakan content analysis. Sedangkan sumber data yang penulis gunakan terdiri dari sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep manajemen qalbu menurut KH. Abdullah Gymnastiar  meliputi: 1) Nilai akidah, seseorang dikatakan beriman apabila keimanan itu telah masuk ke dalam hati seseorang. Dengan kata lain, keimanan merupakan perbuatan qalbu sebagai salah satu bentuk akhlak kepada Allah yang seharusnya berimplikasi pada diri manusia. 2) Nilai ibadah, bahwa bukti keimanan  adalah amal shaleh, senang melakukan ibadah dan kebaikan. Amal shaleh akan membawa keberkahan dan rahmat Allah, yang bisa diperoleh dengan hati yang bersih. Keshalehan merupakan kompleksitas sifat dan sikap kepribadian yang bersandarkan pada nilai-nilai keislaman. 3) Nilai akhlak, jika dirinya mengaku beriman kepada Allah maka seharusnya keimanan itu dapat melahirkan akhlak terpuji. Untuk menjadi pribadi yang sholeh dan berakhlak mulia maka sebagai manusia kita harus selalu berupaya untuk membersihkan hati dengan tekad yang kuat, mempunyai ilmu dalam memahami diri, mengevaluasi diri dan memberikan kesempatan pada orang lain untuk menilai kita serta selalu mau belajar dan mengambil hikmah dari apa yang terjadi pada diri dan orang lain.


Keywords


Islamic Education, Heart Management, KH. Abdullah Gymnastiar

Full Text:

PDF (82-94)

References


Abdullah Gymnastiar, 2002, Meraih Bening Hati dengan Manajemen Qalbu, Jakarta: Gema Insani Press.

______________, 2005, 30 Hari Menjemput Berkah, Bandung: Khas MQ.

______________, 2005, Aku Bisa “Manajemen Qolbu untuk Melejitkan Potensi, Bandung: Khas MQ.

______________, 2006, Aa Gym Apa Adanya, Bandung: Khas MQ.

______________, 2006, Jagalah Hati, Bandung: Khas MQ.

______________, 2016, Ikhtiar Meraih Ridha Allah, Bandung: Emqies Publishing.

Agnitia Citra Resmi, 2003, Analisis Isi Pesan Manajemen Qalbu dalam Twitter @Aagym (KH. Abdullah Gymnastiar), Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Ahmad Hatta, 2009, Tafsir Qur’an Perkata, Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Darwanto, 2007, Persepsi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Malang Terhadap Dakwah Manajemen Qalbu (Aa Gym) sebagai Upaya Memperbaiki Diri, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Malang: Universitas Islam Negeri.

Dian Rahmi Zul, 2020, Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Buya Hamka, Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol.20 No. 2, h. 102-120.

Fadilatul Huda, dkk., 2020, Pemikiran Pendidikan Islam Pada Masa Nabi & Khulafaurrasyidin, Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol.20 No. 2, 137-151.

Hernowo dan M Deden Ridwan, 2004, Aa Gym dan Fenomena Daarut Tauhiid, Bandung: Mizan.

Mhd Rasid Hamdi, dkk., 2020, Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun 1332 M, Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol.20 No. 2, h. 121-136.

Murtini, 2010, Konsep Manajemen Qalbu Menurut Abdullah Gymnastiar Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Semarang: IAIN Walisongo.

Yon Nofiar, 2015, Qolbu Quetient, Jakarta: PT. Quantum Quality International.

Yussi Mutia Puspitasari, dkk., 2020, Pemikiran Pendidikan Islam Pada Masa Umayyah, Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol.20 No. 2, h. 152-161.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v21i2.14664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats