Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun 1332M

Mhd Rasid Hamdi, Yuli Harti, Yanti Yanti

Abstract


Pendidikan Islam dewasa ini masih perlu upaya untuk menopang tumbuh dan berkembangnya perkembangan pendidikan Islam tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memotret kondisi perkembangan pendidikan Islam di era kejayaan Islam masa klasik sehingga banyak melahirkan tokoh-tokoh besar Islam berserta karyanya yang monumental.  Kondisi ilmu pendidikan Islam dewasa ini yang mengalami berbagai macam persoalan perlu segera diatasi dengan cara menumbuhkembangkan ilmu pendidikan Islam melalui serangkaian kajian penelitian yang melibatkan kajian tokoh intelektual muslim dari zaman klasik, pertengahan, sampai modern sekarang ini.  Salah satu tokoh yang berkiprah dalam dunia filosuf Islam ialah Ibnu Khaldun yang telah banyak menghasilkan buah karya dan eksistensinya dalam bidang keilmuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penulis dalam hal ini berupaya mengumpulkan data-data kepustakaan terkait Pwmikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun baik melalui buku-buku ataupun sumber lain seperti artikel atau penelitian-penelitian terdahulu yang terkait dengan topik tersebut.


Keywords


Pemikiran Pendidkan Islam; Ibnu Khaldun

Full Text:

PDF

References


Ali Audah, 2002. Ibnu Kaldun Sebuah Pengantar. Semarang: PT. Pustaka

Fathiyyah Hasan Sulaiman, , 1987. Pandangan Ibnu Khaldun Tentang Ilmu dan Pendidikan Bandung: CV Diponegoro, Cet I

Hamam Burhanuddin. Dekontruksi Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan. Edukasi, Volume 03, Nomor 01, Juni 2015: 699-718

Samsul Nizar,. 2002. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis Dan Praktis.: Ciputat Pers. Jakarta

Pasiska. Epistemologi Metode Pendidikan Islam Ibnu Khaldun. El-Ghiroh. Vol. Xvii, No. 02. September2019

M. Quraish Shihab, 2010, al- Qur’an dan Maknanya, Tanggerang: Lentera Hati

Abuddin Nata, 2005. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Gaya Media Pratama

Muhammad Insan Jauhari. Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Era Modern. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, Volume 9, Nomor 1, Juni 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i2.13347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats