Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Buya Hamka

Dian Rahmi Zul

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa konsep pemikiran pendidikan Islam menurut Buya Hamka, agar mampu diterapkan pada dunia pendidikan kontemporer yang penuh dengan problem-problem ketimpangan nilai-nilai dan akhlak. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini, yaitu kajian kepustakaan (library research) dengan cara mengumpulkan buku-buku karangan HAMKA sebagai data primer dan buku-buku lainnya yang menulis tentang HAMKA serta karya tulis berupa jurnal, skripsi maupun tesis untuk kemudian dikaji dan dianalisa sampai mendapatkan kesimpulan. Dalam penelitian ini penulis membatasi penelitian hanya membahas dan mengkaji pemikiran-pemikiran HAMKA terhadap Pendidikan, khususnya pendidikan Islam di Indonesia.  Penelitian menunjukkan bahwa konsep pemikiran Buya Hamka tentang pendidikan Islam adalah menekankan pada upaya maksimal dalam menumbuhkan dan menguatkan pribadi. Dari hasil kajian ini penulis menstrukturkan proses munculnya pemikiran pemikiran HAMKA, sehingga tampak benang merah keterkaitan pemikiran Pendidikan HAMKA dengan Perjalanan Hidupnya. Selanjutnya, penulis melakukan kajian analisis terhadap pemikiran HAMKA yang dihubungkan dengan kondisi saat ini, sehingga penulis menemukan adanya relevansi pemikiran Pendidikan Islam HAMKA dengan kondisi keterkinian dan pada akhirnya bila ini diterapkan akan mampu membawa bangsa ini kepada kehidupan yang jauh lebih baik

Keywords


HAMKA; Pendidikan; Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Al-Ahwani, Ahmad Fu`ad, Al-Tarbiyah fi al-Islam, Cetakan II (t.tp.: Dar al-Ma’arif,

al-Attas, Syed Muhammad Naquib, Konsep Pendidikan dalam Islam (Bandung:

Mizan, 1984)

Al-Qardhāwiy, Yūsuf, Al-Tarbiyat al-Islāmiyat wa Madrasat Hasan al-Banna, Penerjemah: H. Bustami A. Gani dan Ahmad, Zainal Abidin, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna (Jakarta: Bulan Bintang, 1980)

Daradjat, Zakiah, dkk., Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Proyek Pembinaan

Perguruan Tinggi Agama/IAIN, 1983)

Hamka. 2015. Falsafah Hidup. Jakarta: Republika Penerbit.

Hamka. Lembaga Hidup. Jakarta: Djajamurni. 1962.

Hasbulah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008),

Edisi Revisi

Mursi, Muhammad Munir, Al-Tarbiyah al-Islamiyah Ushuluha wa Tathawwuruha fi

al Bilad al-‘Arabiyah, (Kairo: Alam al-Kutub, t.t.)

Mohammad, Herry. Tokoh-Tokoh Islam yang Berpengaruh Abad 20. Jakarta: Gema

Islami. 2006.

Nizar, Samsul. Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran Hamka

tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2008

Ramayulis. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Quantum Teaching. 2005

Sofyani, Ilmu Pendidikan Islam, (Banjarmasin: Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari, 1987)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i2.13346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats