Pemikiran Pendidikan Islam Mohammad Natsir

Saskhia Rahma Mouli Friani

Abstract


Membicarakan pendidikan Islam berarti membicarakan masalah diri manusia
sendiri sebagai makhluk Tuhan yang dipersiapkan untuk menjadi khalifah-Nya di
muka bumi dalam kerangka mengabdi kepada-Nya. Salah satu tantangan
pendidikan Islam adalah masih terjadinya dikotomi ilmu. Artinya, terjadi
pemisahan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu dunia (profan) yang saling
menafikan satu sama lain. Cara pandang semacam ini jelas akan berpengaruh besar
terhadap sikap seseorang dalam memandang ilmu. Berangkat dari itulah penulis
kemudian membahas kembali tentang pemikiran tokoh dan intelektual muslim
Indonesia yang mencoba untuk merumuskan pendidikan Islam sesuai dengan
harapan agama, bangsa dan Negara, yaitu Muhammad Natsir. Maka dari itu,
penulis mengambil judul “Pemikiran Pendidikan Islam Mohammad Natsir”.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai konsep
pendidikan Islam menurut Muhammad Natsir. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan jenis kepustakaan dan dengan pendekatan historis.
Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, serta
analisis datanya adalah dengan metode content analysis. Dengan kerangka itu,
dapat diketahui bahwa konsep pendidikan Islam menurut Muhammad Natsir yaitu
konsep pendidikan yang memadukan antara pendidikan umum dan pendidikan
agama, kesinambungan itu dibuktikan dengan tidak mempertentangkan antara
Barat dan Timur. Islam hanya mengenal perbedaan antara hak dan bathil. Semua
yang hak dapat diterima, meskipun datangnya dari Barat, dan semua yang bathil
akan disingkirkan walaupun datangnya dari Timur. Dengan begitu, akan tercipta
anak didik yang mementingkan ruhani dan jasmaninya.


Keywords


Konsep; Pendidikan Islam; Mohammad Natsir

Full Text:

PDF

References


Djaini, A. (1996). Pemikiran dan Perjuangan Mohammad Natsir. Jakarta: Pustaka

Firdaus.

Husaini, A. (2010). Muhammad Natsir:Pahlawan Pendidik Teladan.

Republika. Jalaluddin. 2003. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Nata, A. (2005). Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta:

Grafindo Persada.

Natsir, M. (1973). Capita Selekta, jilid I & II. Jakarta: Bulan

Bintang. Natsir, M. (1988). Fiqhud Da'wah. Jakarta: Media Da'wah.

Natsir, M. (2008). Kapita Selekta I. Jakarta: Yayasan Bulan Bintang Abadi & Media Da'wah.

Nizar, R. d. (2005).Ensiklopedi Tokoh Pendidik Islam;Mengenal tokoh Pendidikan

Islam di Indonesia. Quantum Teaching.

Rokhman, S. (2010). Analisa Terhadap Buku Fiqhud Da'wah karya Mohammad

Natsir. Jurnal Dakwah. Accessed 08 05 2021. www.jurnalstidnatsir.co.ccl

Rosidi, A. (1990). Sebuah Biografi. Jakarta: Gimukti Pusaka.

Steenbrink, Karel A. 1986. Pesantren Madrasah Sekolah. Jakarta: Dharma

Aksara Perkasa

Tamam, B. Konsep Pendidikan Mohammad Natsir. Lihat

http://voaislam.com/teenage/print/2009/07/09/187Konsep-Pendidikan-

Mohammad-Natsir/Diakses,08 MEI 2021.

Undang-Undang Sisdiknas tahun 2003 bab II pasal 2 tentang dasar fungsi dan tujuan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i1.13340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats