Pengujian Model Regresi Logistik Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kemandirian Siswa

Atiqotur Royyani, Sri Harini, Turmudi Turmudi, Elly Susanti, Ina Maya Sabara, Andini Endah Sri Mulyani, Anisah Salsabila

Abstract


Kemandirian siswa merupakan salah satu indikator tercapainya tujuan dalam pembelajaran. Kemandirian siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang meliputi minat belajar dan lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan lingkungan keluarga terhadap kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan model regresi logistik dengan minat belajar dan lingkungan keluarga sebagai variabel independen dan kemandirian siswa yang terklasifikasi berdasarkan skala Likert 1 (sangat tidak mandiri), 2 (tidak mandiri), 3 (mandiri), dan 4 (sangat mandiri) sebagai variabel dependen. Responden pada penelitian ini diambil dari 146 siswa di MA Al-Karimi Tebuwung, Dukun, Gresik dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian dengan nilai taraf kesalahan 5% didapatkan tiga model matematik pengaruh minat belajar dan lingkungan keluarga terhadap kemandirian siswa. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan tiga model tingkat kemandirian siswa yang terdiri dari sangat tidak mandiri, tidak mandiri, dan mandiri. Hasil ini didukung nilai koefisien determinasi sebesar 40.3% yang menjelaskan bahwa minat belajar dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh sebesar 63.2% terhadap kemandirian siswa dibandingkan dengan pengaruh yang lain

Full Text:

PDF

References


W. Sanjaya, Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

A. Susanto, Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

A. S. Sadiman, Harjito, A. Haryono, and R. Rahardjo, Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2018.

Gusnita, Melisa, and H. Delyana, “Kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Square (TPSq),” J. BSIS, vol. 3, no. 2, pp. 286–296, 2021.

U. Maysyaroh, Y. D. Kristanto, and Partini, “Upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI),” J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 70–82, 2022.

E. Nurhayati, Bimbingan, konseling, dan psikoterapi inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

I. Yanti, R. Trisoni, and N. Fajar, “Hubungan minat dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA siswa pada kelas VIII di SMPN 1 Pariangan,” in Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Sains, IAIN Batusangkar Keterampilan Abad 21; Strategi Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, Matematika dan Sains, Akama, A. Hidayat, Armiza, Desni, I. Shofi, Indra, Nasfizar, N. Firdaus, and Roel, Eds., Tanah Datar: IAIN Batu Sangkar, 2018, pp. 1–11.

F. M. Dewi, “Hubungan self-efficacy dan lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang,” Universitas Negeri Semarang, 2019.

Darmadi, Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Djaali, Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Hasbullah, Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009.

M. I. Soelaeman, Pendidikan dalam keluarga. Bandung: CV Alfabeta, 1994.

A. Ma’ruf, Metodologi penelitian kuantitatif (1 ed). Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015.

Y. Febriastuti, “Peningkatan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 2 Geyer melalui pembelajaran inkuiri berbasis proyek,” Universitas Negeri Semarang, 2013.

N. A. Mahar, S. Murdiana, and N. A. Indahari, “Pengaruh gaya kelekatan ibu-anak terhadap kemandirian pada mahasiswa perantauan di Kota Makassar,” ULUL ALBAB J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 7, pp. 1–10, 2022.

R. F. Setyobudi, “Analisis model regresi logistik ordinal pengaruh pelayanan di fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam terhadap kepuasan mahasiswa FMIPA UNNES,” Universitas Negeri Semarang, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v9i2.23304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :