Pola Kecenderungan Penyakit Menular Terhadap Topografi Kabupaten/Kota di Jawa Timur Menggunakan Analisis Korespondensi

Dita Amalia, Na'imatul Lu'lu'a, Isna Nurul Izza Amalia, Annisa Putri Nayumi, Muhammad Walid Jumlat, Muhammad Fariz Fadillah Mardianto, Elly Ana

Abstract


Penyebaran penyakit menular dapat disebabkan oleh faktor geografis lingkungan tempat tinggal masyarakat. Salah satu faktor geografis lingkungan adalah daerah topografi tempat tinggal masyarakat. Daerah topografi memiliki pengaruh terhadap terhadap penyebaran penyakit menular seperti malaria, TBC, pneumonia, dan kusta.   Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder hasil rekapitulasi kasus penyakit di Jawa Timur tahun 2021 yang terdapat di 38 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur yang dikategorikan menjadi dataran rendah, dataran tinggi, dan dataran sedang. Penelitian menunjukkan bahwa penyakit TBC menjadi kasus penyakit menular terbesar, dengan jumlah sebesar 11.747 orang. Sedangkan kategori wilayah dengan jumlah kasus penyakit menular terbesar adalah dataran rendah sebanyak 8.067 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan antara variabel penyakit menular dan kabupaten/kota di Jawa Timur dengan menggunakan metode analisis korespondensi. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, terdapat hubungan yang signifikan antara topografi wilayah di Jawa Timur dengan jumlah angka kasus penyakit menular. Penyakit malaria memiliki kecenderungan di dataran tinggi, penyakit TBC memiliki kecenderungan di dataran sedang, penyakit pneumonia dan kusta memiliki kecenderungan di dataran rendah. Hasil ini kemudian dapat digunakan sebagai acuan pemerintah dalam mempertimbangkan tindakan yang tepat serta efektif dalam menangani kasus penyakit menular di wilayah topografi tertentu.

Full Text:

PDF

References


Irwan, Epidemiologi Penyakit Menular, Yogyakarta: CV. ABSOLUTE MEDIA, 2017.

S. Notoadmodjo, Ilmu Kesehatan Masyarakat (Prinsip-Prinsip dasar), Cetakan Kedua, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis, Jakarta, 2002.

N. N. Rahajoe, B. Supriyatno and D. Budi, Respirologi Anak, Jakarta: Badan Penerbit IDAI, 2008.

A. Jatimi, A. Nenobais, M. Jufriyanto, M. J. A. Heru and A. Yusuf, "Mekanisme dan Strategi Mengurangi Stress Pada Pasien Kusta," Indonesian Journal of Community Health Nursing, vol. VI, pp. 41-45, 2019.

Y. Taviv, A. Budiyanto, H. Sitorus, L. P. Ambarita, R. Mayasari and R. I. Pahlepi, "Sebaran Nyamuk Anopheles pada Topografi Wilayah Yang Berbeda di Provinsi Jambi," Media Litbangkes, vol. 25, 2015.

Departemen Kesehatan RI, Pedomam Ekologi dan Aspek Perilaku Vektor, Direktorat Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan, 2001.

H. Maryani, L. Kristiana, A. Paramita, P. Andarwati and N. Izza, "Pengelompokan Provinsi Berdasarkan Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular untuk Upaya Pengendalian Penyakit dengan Pendekatan Multidimensional Scaling (Mds)," Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, vol. 24, pp. 213-225, 2021.

N. Ulinnuh and R. Veriani, "Analisis Cluster dalam Pengelompokan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Variabel Penyakit Menular Menggunakan Metode Complete Linkage, Average Linkage dan Ward," InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan , vol. 5, 2020.

N. S. Tiara, "Pengelompokan Kabupaten/Kota Berdasarkan Jenis Penyakit Tuberkulosis Paru di Provinsi Jawatimur Tahun 2015," Tugas Akhir, 2017.

A. Wulandari, I. Ginanjar and I. Nurfitri, "Pengelompokan Penyakit Berdasarkan Wilayah Tempat Tinggal dan Kategori Usia Menggunakan Analisis Korespondensi Berganda Studi Kasus Data Pasien Korban Banjir di Kecamatan Dayeuhkolot," Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, 2018.

A. Afif and M. A. Fahmi, "Penyebaran Penyakit Tidak Menular Berdasarkan Wilayah Puskesmas di Kota Kediri Menggunakan Analisis Korespondensi," JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, pp. 45-56, 2021.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, 2022. [Online].

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Profil Kesehatan 2021, Surabaya, 2022.

A. Agresti, Categorical Data Analysis, Gainesville: Wiley Interscience, 2002.

B. Rosner, Fundamental of Biostatistics seventh edition, Boston USA: Brooks/cole, 2010.

G. L. Purnama, "Analisis Korespondensi Penyebaran Penyakit Yang Ditularkan Nyamuk Berdasarkan Topografi Kabupaten/Kota di Jawa Timur," Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2015.

A. C. Rencher, Methods of Multivariate Analysis Second Edition, Wiley Interscience, 2002.

M. J. Greenacre, Theory and Applications of Correspondence Analysis, Academic Press, 1984.

Dinas Kesehatan Jawa Timur, Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2012, Surabaya: Dinas Kesehatan Jawa Timur, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v9i1.20853

Refbacks



Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :