Analisis Model Mangsa-Pemangsa dengan Fungsi Respon Holling Tipe II, Infeksi pada Pemangsa dan Pemanenan pada Mangsa

fardinah fardinah, Hikmah Hikmah, Apriyanto Apriyanto

Abstract


Penelitian ini membahas tentang model mangsa-pemangsa dengan fungsi respon Holling Tipe II. Infeksi penyakit hanya terjadi pada populasi pemangsa dan menyebabkan kematian. Selain itu dilakukan pemanenan pada mangsa dengan asumsi mangsa memiliki nilai ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan model mangsa-pemangsa dengan fungsi respon Holling Tipe II, infeksi pada pemangsa dan pemanenan pada mangsa, menganalis kestabilan titik kesetimbangan model dan interpretasi model. Analisis kestabilan dilakukan dengan metode linearisasi. Jenis kestabilan ditentukan berdasarkan karakteristik nilai eigen yang diperoleh dengan menggunakan kriteria Routh-Hurwitz. Dari penelitian ini diperoleh bahwa kepunahan populasi tidak mungkin terjadi sedangkan mangsa eksis, kepunahan pemangsa sehat, kepunahan pemangsa sakit dan populasi eksis masih memungkinkan terjadi jika memenuhi kondisi yang disyaratkan. Simulasi numerik menunjukkan bahwa laju pemanenan yang diperbesar mengakibatkan jumlah populasi mangsa terus mengalami penurunan secara signifikan dan hampir mengalami kepunahan seiring berjalannya waktu. Semakin berkurangnya populasi mangsa ini mengakibatkan populasi pemangsa juga semakin berkurang secara signifikan dan hampir mengalami kepunahan.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

P. Panja, S.K. Mondal and J. Chattopadhyay, “Dynamical Effects of Anti-Pemangsa Behaviour of Adult Mangsa in a Pemangsa-Mangsa Model with Ratio-Dependent Functional Response”, Asian Journal of Mathematics and Physics, vol.1, pp. 19–32, 2017.

S. G. Mortoja, P. Panja and S.K. Mondal, “Dynamics of a Pemangsa-Mangsa Model with Stage Structure on Both Species and Anti-Pemangsa Behavior”, Informatics in Medicine Unlocked, vol.10, pp. 50–57, 2018.

G. T. Skalski and J. F. Gilliam, “Functional Respons with Pemangsa Interference: Viable Alternatives to the Holling Type II Model”, Ecology, vol. 82, pp. 3083–3092, 2001.

G.P.D. Murray, et al, “Experimental Predictions of The Functional Response of A Freshwater Fish”, Ethology, vol. 119, pp. 751-761, 2013.

A.S. Idrus, A.P. Gani and N. Zaid, “Analisis Dinamik Model Pemangsa-Mangsadengan Struktur Usiadan Perilaku Anti-Pemangsa”, Research in the Mathematical and Natural Sciences, vol. 1, no. 2, pp. 22–29, 2022.

A.P. Sari dan S. B. Waluya, “Analisis Model Pemangsa-Mangsa dengan Protection Zone Menggunakan Fungsi Respon Holling Tipe II”, Prisma, vol. 4, pp. 736-742, 2021.

S. Maisaroh, Resmawan dan E. Rahmi, “Analisis Kestabilan Model Pemangsa-Mangsa dengan Infeksi Penyakit pada Mangsa dan Pemanenan Proporsional pada Pemangsa”, Jambura J. Biomath. vol. 1, pp. 8-15, 2020.

N. Hasan , Resmawan, E. Rahmi, “Analisis Kestabilan Model Eko-Epidemiologi dengan Pemanenan Konstan pada Pemangsa”, Jurnal Matematika, Statistika & Komputasi, vol. 16, no. 2, pp. 121-142, 2020.

Mu'tamara, et al, “Vaksinasi dan Treatment pada Pemangsa-Mangsa dengan Dua Jenis Pemangsa yang Salah Satunya Terinfeksi”, Eksakta, vol. 19, No. 02, pp.128-142. 2019.

S.H. Arsyad, et al, “Analisis Model Pemangsa Mangsa Leslie-Gower dengan Pemberian Racun pada Pemangsa”, Jurnal Riset dan Aplikasi Matematika, vol. 4, no. 1, pp. 1-16, 2020.

F. Verhulst, Nonlinear Differential Equations and Dynamical Systems, Springer – Verlag, New- York, USA, 1990.

L. Perko, Differential Equation and Dynamical System, New York, SpringerVerlag Berlin Heidelberg, 1991.

F. Gantmacher, The Theory of Matrices, Chelsea Publishing Company, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v9i1.20836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :