Penerapan Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) Menggunakan Fungsi Keanggotaan Generalized Bell Untuk Peramalan Data Time Series

Rachma Adji Ramadanti, Nusyirwan Nusyirwan, Pandri Ferdias, Khoirin Nisa

Abstract


Analisis deret waktu merupakan teknik analisis dalam statistika yang menggunakan data observasi dari beberapa periode secara beruntun dalam interval waktu yang tetap.  Dalam analisis ini, model dibangun dan diidentifikasi dari pola data peristiwa dari masa lalu.  ANFIS merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan peramalan data time series, ANFIS sendiri merupakan salah satu jenis neural network yang berbasis pada sistem inferensi fuzzy Takagi Sugeno.  Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan ANFIS untuk meramalkan data time series menggunakan fungsi keanggotaan generalized bell.  Selanjutnya menduga model ANFIS dan memperoleh tingkat akurasi dari model peramalan Indeks Harga Konsumen (IHK) dengan metode ANFIS.  Variabel prediktor yang digunakan adalah inflasi dan uang beredar, untuk variabel respon yang digunakan adalah IHK.  Model terbaik dipilih berdasarkan pada nilai RMSE.  Hasil analisis menunjukan bahwa penggunaan metode ANFIS sudah baik untuk peramalan data karena hasil prediksi sudah cukup mendekati data aktual dan RMSE model ANFIS dengan 2-cluster memberikan tingkat keakuratan yang baik untuk meramalkan IHK dengan nilai RMSE sebesar 5,29907.

 

Kata Kunci:  data time series, ANFIS, indeks harga konsumen, peramalan


Full Text:

PDF

References


Azhar, M. I., & Mahmudy, W. F. (2018). Prediksi curah hujan menggunakan metode adaptive neuro fuzzy inference system (ANFIS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN. 2(11): 4932-4939

Hakim, G.P.N., Septiyana, D., Firdausi, A., Mariati, F.R.I., & Budiyanto, S. 2021. SISTEM FUZZY: Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Han, J., Kamber, M. 2006. Data Mining: Concept and Techniques. Waltham: Morgan Kauffman Publisher.

Jang, J.S.R., Sun, C.T. dan Mizutani, E. 1997. Neuro-Fuzzy and Soft Computing: A Computational Approach to Learning and Machine Intelligence. London: Prentice-Hall, Inc.

Mancini, I. M., Lioi, D. S., Caniani, D., & Masi, S. 2012. Fuzzy Logic and Neuro-Fuzzy Networks for Environmental Hazard Assessment. Potenza: INTECH Open Access Publisher.

Sindi, S., Ningse, W. R. O., Sihombing, I. A., Zer, F. I. R., dan Hartama, D. 2020. Analisis algoritma k-medoids clustering dalam pengelompokan penyebaran covid-19 di indonesia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi). 4(1): 166-173.

Suyanto. 2008. Soft Computing. Bandung: Informatika




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v9i2.20789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :