Analisis Mann-Whitney untuk Mengetahui Efektivitas Vaksin pada Jumlah Penderita Covid-19 di Indonesia

Rizky Normelia, Titian Dewi Fortuna, Elen Prihana Putri, Edy Widodo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian berkaitan dengan topik yang melanda seluruh dunia berupa pandemi Corona virus disease (COVID) yang pertama kali ditemukan di China tahun 2019. Pasien terinfeksi Covid-19 di Indonesia  pertama kali diberitakan pada 2 Maret 2020 oleh Presiden Joko Widodo dan telah memakan 38.229 korban jiwa per 14 Maret 2021. Vaksin Covid-19 Sinovac telah dikembangkan oleh China pada November 2020 dan mulai didistribusikan ke Indonesia pada Januari 2021. Penggunaan data pada penelitian ini bersumber dari data sekunder yang diperoleh dari Our World in Data yaitu Coronavirus Source Data mengenai Cases Coronavirus in Indonesia. Analisis yang digunakan merupakan uji nonparametrik Mann-Whitney untuk melihat perbedaan dua sampel yang independen antara jumlah kasus pasien terinfeksi Covid-19 sebelum dan sesudah adanya vaksin. Pada penelitian ini diperoleh hasil adanya perbedaan antara jumlah pasien Covid-19 sebelum dan sesudah adanya vaksin di Indonesia dengan nilai p-value sebesar 9.317*10-49.

Full Text:

PDF

References


WHO, "World Health Organization," [Online]. Available: https://www.who.int/healthtopics/coronavirus.

A. A. Faqir, "Bio Farma Produksi Massal Vaksin Sinovac Akhir Januari 2021," Merdeka, 2020. [Online]. Available: https://www.merdeka.com/.

R. Widiyani, "Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga Isu Terkini," detikNews, 2020. [Online]. Available: https://news.detik.com/.

M. Arnani, "Segera Dimulai, Ini 4 Tahapan dan Kelompok Prioritas Vaksinasi Covid-19 di Indonesia," KOMPAS, 2021. [Online]. Available: https://www.kompas.com/.

Norfai, STATISTIKA NON-PARAMTERIK untuk bidang KESEHATAN (Teoritis, Sistematis dan Aplikatif), Klaten: Lakeisha, 2021.

S. Setiawidayat, "KOMPARASI HASIL PEMERIKSAAN JANTUNG ANTARA PERANGKAT ECGs DAN ECGd MENGGUNAKAN UJI MANN-WHITNEY," CIASTECH, 2019.

D. A. S. Bhegawati, N. N. A. Suryandari and N. N. A. Novarinia, "PERANAN IBU RUMAH TANGGA NELAYAN DI DESA KUSAMBA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DARI USAHA HASIL PERIKANAN UNTUK MENINGKATKAN EONOMI KELUARGA DIMASA PANDEMI COVID-19," Prosiding webinar Nasional Universitas Maharaswati, 2020.

A. Mubarok, S. Sahroni and S. Sunanto, "UJI MANN WHITNEY DALAM KOMPARASI HASIL BIMBINGAN PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA ANTARA DOSEN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG," Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2021.

S. S. Uyanto, Pedoman Analisis Data dengan SPSS., Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

I. Ghozali and J. N. J. Castellan, Statistik non-parametrik : teori dan aplikasi dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2002.

W. Sulaiman, Statistik Non-Parametrik, Yogyakarta: ANDI, 2003.

R. Waseso, "Usai vaksinasi Covid-19, angka kesakitan tenaga kesehatan menurun," Nasional Kontan, 2021. [Online]. Available: https://nasional.kontan.co.id/.

B. A. Puspaningrum, "Terbukti, vaksin Covid-19 turunkan kasus virus corona," Kontan, 2021. [Online]. Available: https://kesehatan.kontan.co.id/.

M. H. Virdhani, "Ahli Imunisasi: Kasus Covid-19 Menurun di Negara yang Sudah Vaksinasi," Jawa Pos, 2021.

W. Yulita, E. D. Nugroho and M. H. Algifari, "Analisis Sentimen Terhadap Opini Masyarakat Tentang Vaksin Covid-19 Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier," JDMSI, vol. 2, 2021.

A. Mubarok, S. Sahroni and S. Sunanto, "Uji Mann Whitney dalam Komparasi Hasil Bimbingan Praktik Kewirausahaan Mahasiswa Antara Dosen Laki-Laki dan Perempuan pada Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang," Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2021.

R. Widiyani, "Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga Isu Terkini," detikNews, 2020. [Online]. Available: https://news.detik.com/.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v8i1.15087

Refbacks



Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :