Jalur Evakuasi Tsunami pada Sistem Operasi Android Menggunakan Algoritma Djikstra

Defri Ahmad, Rara Sandy Winanda, Hafis Alrizal

Abstract


Padang adalah salah satu kota yang rentan terhadap tsunami, akan tetapi masyarakat yang tinggal/ bekerja di tepi pantai sangat ramai sehingga evakuasi secara horizontal tak mungkin dilakukan. Karena itu, dalam penelitian ini evakuasi dilakukan secara vertikal. Untuk menentukan jalur evakuasi tsunami terpendek di Kota Padang dalam tulisan ini digunakan Algoritma Djikstra. Dalam Algoritma Djikstra penentuan jalur terpendek dapat dicari untuk semua pasangan simpul. Penelitian ini adalah penelitian terapan yang dimulai dengan mempelajari dan menganalisis teori-teori yang relevan dengan masalah, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan data. Penelitian ini dimulai dengan mengubah peta yang diunduh dari Google Map menjadi graf berbobot, kemudian graf tersebut diubah menjadi matriks ketetanggaan dan diproses menggunakan Algoritma Djikstra. Hasil pemrosesan aplikasi menggunakan Algoritma Djikstra memperoleh jalur evakuasi tsunami terpendek yang dapat dilewati ke tempat penampungan terdekat berdasarkan posisi pengguna perangkat android.


Full Text:

PDF

References


I. Iftadi, W. A. Jauhari, and B. Nugroho, “Perancangan Peta Evakuasi Menggunakan Algoritma Floyd- Warshall untuk Penentuan Lintasan Terpendek : Studi Kasus,” PERFORMA Ind. Eng. Sci. Media, vol. 10, no. 2, pp. 95–104, 2011.

R. A. D. Novandi, “Perbandingan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Floyd-Warshall dalam Penentuan Lintasan Terpendek ( Single Pair Shortest Path ),” IF2251 Strateg. Algoritm., vol. 1, pp. 1–5, 2013.

S. Hamdi and Prihandoko, “Analisis Algoritma Dijktra dan Algoritma Bellman-Ford Sebagai Penentuan Jalur Terpendek Menuju Lokasi Kebakaran (Studi Kasus: Kecamatan Praya Kota),” J. Ilm. Ilmu-Ilmu Tek., vol. 8, no. 1, pp. 26–32, 2018.

Y. Miftahuddin, S. Umaroh, and F. R. Karim, “Perbandingan Metode Perhitungan Jarak Euclidean, Haversine, Dan Manhattan Dalam Penentuan Posisi Karyawan,” J. Tekno Insentif, vol. 14, no. 2, pp. 69–77, 2020, doi: 10.36787/jti.v14i2.270.

. BMKG. Pedoman Pelayanan Peringatan Dini Tsunami INATEWS. Jakarta : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan GTZ IS-GITEWS. 2012.

. Bryant, Edward. TSUNAMI Bahaya yang Diabaikan. Bandung : Pakar Raya. 1991.

. Retanto, Yudi. Algoritma Dijkstra dan Bellman-Ford dalam Pencarian Jalur Terpendek. Bandung : ITB. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v7i1.12222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :