Analisis Jalur Pada Kejadian Kriminalitas di Indonesia Tahun 2018

Aisyah Chairani P, Ineke Kristin Dwi Astuti, Natalia Panjaitan, Sri Rahayu Y Sinurat, Risni Julaeni Yuhan

Abstract


Kriminalitas merupakan masalah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari–hari dan menyebabkan beberapa pihak tertentu dirugikan baik fisik maupun materi. Menurut perhitungan Badan Pusat Statistik Indonesia, dalam 1 menit 32 detik, terjadi 1 tindakan kriminal di Indonesia. Sementara itu, dari 100.000 orang di Indonesia, 140 orang diantaranya beresiko terkena tindak kejahatan. Tingginya angka kriminalitas tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik sosial maupun ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang memengaruhi terjadinya tindakan kriminal di Indonesia. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Indonesia yang tertera pada beberapa publikasi yang diterbitkan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis, jumlah angkatan kerja menganggur dan jumlah penduduk berpengaruh tidak langsung terhadap kriminalitas di Indonesia Sementara, jumlah penduduk miskin, jumlah angkatan kerja menganggur, dan jumlah penduduk secara langsung memengaruhi kriminalitas di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Dermawanti., dkk., Faktor – Faktor Mempengaruhi Kriminalitas di Kabupaten Batang Tahun 2013 dengan Analisi Jalur, Jurnal Gaussian, 4(2), 2015. 247-256.

Kartono, Patologi Sosial, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1999.

Kosmaryati,,. dkk, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kriminalitas di Indonesia Tahun 2011-2016 dengan Regresi Data Panel, Indonesia Journal of Applied Statistics, 2(1).

Lumenta, C.Y & Kekenusa, J.S, Analisis Jalur Faktor-Faktor Penyebab Kriminalitas di Kota Manado, Universitas Sam Ratulangi, 2012.

Paul, dkk., Path Analysis, Universitas Exeter, Inggris, 1997.

Rutherford, R.D., Statistical Model For Causal Analysis, John Wiley & Sons Inc, New York

Todutua, D.S,. Pengaruh Kemiskinan, Kepadatan Penduduk, Tingkat Penyelesaian Kasus, dan Jumlah Polisi Terhadap Tingkat Kejahatan Properti DKI Jakarta, Universitas Dipenogoro, 2016.

Zhang, W., Learning Variables In Class Laptop Multitasking and Academic Performance: A path analysis, Jurnal Computer dan Education, 81, 2015. 82-88




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v6i2.10555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :