Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah

Husnadatul Qoimah, Weni Kurnia Rahmawati, Nailul Fauziyah

Abstract


Rendahnya empati pada siswa sekolah menengah menjadi permasalahan merupakan pengaruh pertumbuhan remaja, fenomena seseorang yang kurang mampu memahami, merasakan, dan menganggap perasaan orang lain. Tujuan penelitian ini dilaksanakan  di Mts Negeri 2 Jember sebagai repondens terhadap isu ini. Langkah-langkah Intervensi  merupakan suatu perilaku baru dengan mengamati dan meniru perilaku positif dari model yang ada di media vidio yang ditayangkan  diterapkan di sekolah membuat dan pendekatan teknik modeling di sampaikan oleh ahli. tujuan untuk meningkatkan rendahnya empati siswa menggunakan media vidio yang ditampilkan pada memberian perlakuan dilakukan kepada siswa yang mengalami rendanya empati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain one group type pretest dan postest design . Delapan siswa mempunyai tingkat rendah dipilih melalui purposive sampilng dengan kreteria 1) memiliki skor rendah berdasarkan hasil angket awal, 2) bersedia mengikuti intervensi sampai selesai perlakuan, 3) meminta izin persetujuan orang tua, 4) kejaminan kerahasiaan data siswa. dari jumlah 28 siswa subjek 8 siswa yang mengalami rendahnya empati yang memperlukan treatment dengan durasi 45-50 menit dengan materi yang terstuktur intrument pengumpulan yang digunakan adalah menyebarkan angket yang telah di uji melalui proses validasi  ini dan pengujian reabilitas menghasilkan sebesar 0,87. intervensi tang dilakukan dalam 1 sesi melalui teknik modeling dengan menggunkan media vidio yang menanyangkan (cerita tentang empati) . Hasil intervensi yang menunjukkan peningkatan skor empati yang signifikan dari nilai rata-rata awal 59,00 menjadi 81,88 dan didukung oleh hasil uji Wilcoxon yaitu Sig. 0,012 (<0,05) artinya Ha diterima. Ha yaitu hipotesis ada perbedaan nilai pre-test dan post-test antara sebelum dan sesudah siswa diberikan intervensi bimbingan kelompok teknik modeling. Hal ini menunjukkan guru BK penting dalam menumbuhkan, mengamati empati siswa disekolah untuk mengetahui pentingnya empati dan menggunakan  teknik modeling mampu untuk meningkatkan empati dikalangan siswa kelas VIII Mts Negeri 2 Jember ditahun 2025. Penelitian ini telah memenuhi etika penelitian termasuk meminta izin ke sekolah, persetujuan orang tua dan jaminan kerahasiaan data siswa.

Keywords


Empati, Remaja, Teknik Modeling, Media Video, Madrasah Tsanawiyah

Full Text:

PDF

References


A’yun, Qudratun, Zamratul Aini, and Rizka Heni. 2023. “Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Melatih Kepercayaan Diri Pada Siswa.” Jurnal Psiko-Konseling 1(2):53–66.

Atamau, Yuventus M., Putu Agus Indrawan, and Lolang Maria Masi. 2025. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Rasa Empati Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Kupang.” Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora 3(1):7–16. doi: 10.35508/jbkf.v3i1.15041.

Ardika, Dimas, and Miftah Farid. 2025. “Efektivitas Model Bimbingan Kelompok Menggunakan Nilai Luhur ‘ Nrimo Ing Pandum ’ Untuk Meningkatkan Empati.” 12(1):35–46.

Anggraini, Erika Putri, Laila Khamsaatul Muharrami, and Irsad Rosidi. 2023. “Analisis Hubungan Empati Siswa Dengan Motivasi Belajar Ipa Pada Pembelajaran Di Masa Pandemi.” Natural Science Education Research 6(1):122–28. doi: 10.21107/nser.v6i1.12115.

Auliyah A., & Flurentin, E. (2024). Efektivitas penggunakan media flim untuk menginkatkan empati siswa kelas VIISMP. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, 1 (1), 18.

A’yun, Qudratun, Zamratul Aini, and Rizka Heni. 2023. “Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Melatih Kepercayaan Diri Pada Siswa.” Jurnal Psiko-Konseling 1(2):53–66.

Amalya, Kanaya, Iwan Hermawan, and Nur Aini Farida. 2025. “Penguatan Sikap Empati Siswa Melalui Program Pembiasaan Berinfaq Di Smpn 2 Telukjambe Timur.” 07(01):62–78.

Anggraini, Erika Putri, Laila Khamsaatul Muharrami, and Irsad Rosidi. 2023. “Analisis Hubungan Empati Siswa Dengan Motivasi Belajar Ipa Pada Pembelajaran Di Masa Pandemi.” Natural Science Education Research 6(1):122–28. doi: 10.21107/nser.v6i1.12115.

Ardika, Dimas, and Miftah Farid. 2025. “Efektivitas Model Bimbingan Kelompok Menggunakan Nilai Luhur ‘ Nrimo Ing Pandum ’ Untuk Meningkatkan Empati.” 12(1):35–46.

Atamau, Yuventus M., Putu Agus Indrawan, and Lolang Maria Masi. 2025. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Rasa Empati Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Kupang.” Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora 3(1):7–16. doi: 10.35508/jbkf.v3i1.15041.

Dewi, Putri Franenda Shintya. 2023. “Pelatihan Empati Untuk Menurunkan Perilaku Bullying.” JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) 15:51–62

Fauziyah, Nailul, and Nandang Rusmana. 2022. “Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa.” Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling) 7(1):22–32.

Hamima, Yendri. 2022. “Penggunaan Metode Modeling the Way Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Tembilahan Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1):9531–43.

Jumailia, and Ani Endriani. 2024. “Pengaruh Teknik Modeling Terhadap Kedisiplinan Tata Tertib.” Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 5(10):398–406. doi: 10.36312/jtm.v5i10.3455.

Irfan, Muh, Julkifli, and Yeni Rahmawati. 2025. “Analisis Pengaruh Pembelajaran Sastra Terhadap Pengembangan Empati Dan Karakter Siswa SMP.” JIIBAS: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 1(1):1–8.

Marianti, Lena, Manah Rasmanah, and Muhammad Vikry Ramadhan. 2024. “Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Social Concern Komunitas Generasi Cahaya Pintar.” Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam 5(1):294–306. doi: 10.31943/counselia.v5i1.135.

Muharammah, Nanda Widya, Arbin Janu Setiyowati, and Elia Flurentin. 2024. “Pengembangan ‘Perasaan Kita’ Sebagai Upaya Internalisasi Empati Pada Siswa SMP.” Buletin Konseling Inovatif 1(2):64–73. doi: 10.17977/um059v1i22021p64

Mufarrohah, N., & Wirastania, A. (2020). Efektifitas Teknik Modeling dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Mengungkapkan Gagasan Kelas VIII SMP Kyai Hasyim Surabaya. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 346-353.

Laily, Qumil, and Putri Taliningtyas. 2025. “Peningkatan Sikap Empati Anak Melalui Kegiatan Mendongeng Tematik Di RAM NU 047 Tarbiyatul Falahiyah.” Journal of 21st Century Learning 1(1):21–24.

Ulfa, Maria, Wa Ode Husniah, and Sofyan Sofyan. 2022. “Modelling Simbolik Untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa.” Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton 8(4):902–12. doi: 10.35326/pencerah.v8i4.2544.

Rachmayanti Anggraeni, Feny, and Retno Tri Hariastuti. 2023. “Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modellig Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Di Sekolah.” Jurnal BK UNESA Vol. 13 No:584–90.

Safitri, M. A., A. Setiawan, and F. W. Lestari. 2024. “Pemanfaatan Media Website Canva Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas VII SMP N 1 Boja.” Innovative: Journal Of Social 4:8223–37.

Yovandra, Dennis Viryananda, and Wahyu Widyatmoko. 2025. “Penerapan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perilaku Prokrastinasi Siswa SMP Negeri Samarinda.” Jurnal Wahana Konseling 8(1):32–42. doi: 10.31851/juang.v8i1.18328.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v6i2.38089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats