Efektivitas Konseling Kognitif Dengan Teknik Mindfulness Untuk Mengurangi Insecure Pada Mahasiswi

Yeni Resti Puspitasari, Weni Kurnia Rahmawati, Nailul Fauziyah

Abstract


Rasa tidak aman atau insecure adalah fenomena umum yang sering dialami oleh mahasiswi, terutama terkait dengan tekanan terhadap standar kecantikan. Kondisi ini dapat memengaruhi kesejahteraan mental, interaksi sosial, serta prestasi akademik. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Argopuro Jember sebagai respons terhadap isu ini. Intervensi yang diterapkan mengacu pada teori kognitif dari Aaron T. Beck dan pendekatan mindfulness yang dikembangkan oleh Kabat-Zinn, dengan tujuan untuk mengubah pola pikir negatif dan meningkatkan penerimaan diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest design. Tujuh mahasiswi dengan tingkat insecure tertinggi dipilih melalui teknik purposive sampling dari total 20 peserta. Intervensi berupa layanan konseling kognitif berbasis mindfulness dilakukan dalam enam sesi, masing-masing berdurasi 50-60 menit, dengan materi terstruktur yang mengintegrasikan restrukturisasi kognitif dan latihan mindfulness. Instrumen yang digunakan adalah angket Insecure Feelings Scale yang telah melalui proses validasi isi dan pengujian reliabilitas. Hasil analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai t sebesar 11,618 dan signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05). Korelasi antara hasil pre-test dan post-test adalah 0,759 dengan nilai p sebesar 0,048, yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan konseling kognitif berbasis mindfulness efektif dalam menurunkan tingkat insecure pada mahasiswi. Secara praktis, pendekatan ini dapat diterapkan oleh konselor di pendidikan tinggi dalam layanan individual maupun kelompok untuk mengatasi masalah terkait harga diri dan penerimaan diri.


Keywords


Konseling kognitif, teknik mindfulness, insecure, pre-eksperimental, mahasiswi, standar kecantikan.

Full Text:

PDF

References


Agung, I. G. A. D. R., Ni Ketut Suarni, & I Ketut Dharsana. (2024). Konseling Lintas Budaya dalam Pendidikan dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Distorsi Kognitif Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1327–1340. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5098

Ahmad, H., & Yuliantari, N. N. A. (2025). Hubungan Antara Beauty Privilege Dengan Self-Esteem Remaja Perempuan Di SMA Negeri 6 Mataram. 10.

Ahmadi, Z. A., & Prathisara, G. (2024). Analisis Insecurity Terhadap Standar Kecantikan Perempuan Dalam Film 200 Pounds Beauty Versi Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11.

Alfikriyah, A., & Suwandi, A. G. (2024). Bagaimana jika Standar Kecantikan tidak ada ? Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 01(02), 15–17. file:///C:/Users/hp14e/Downloads/ArticleText-0102-15-17.pdf

Aminata, W., & Ni’matu Rohmah, A. (2022). RESEPSI PENONTON PEREMPUAN FILM “IMPERFECT” TERHADAP KONDISI INSECURE PADA DIRI SENDIRI (Studi Pada Mahasiswi Unmul Usia 18-25 Tahun di Kota Samarinda). Ilmu Komunikasi, 11(1), 93–106.

Asyari, M. A. N., Rahmawati, W. K., & Fauziyah, N. (2025). INTEGRATING MINDFULNESS-BASED EDUCATION TO REDUCE ANXIETY DISORDERS AMONG ADOLESCENT PENCAK SILAT ATHLETES : A QUASI-EXPERIMENTAL STUDY. 100–110. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=xzoRVVYAAAAJ&sortby=pubdate&citft=1&citft=2&citft=3&email_for_op=jemberr81%40gmail.com&citation_for_view=xzoRVVYAAAAJ:TQgYirikUcIC

Fuadina, N., Sutoyo, A., & Murtadho, A. (2023). The Effectiveness Of Face To Face And Internet-Based Mindfulness-Based Cognitive Therapy Group Counseling To Enhance Subjective Well-Being. Jurnal Bimbingan Konseling, 12(3), 183–188. https://journal.unnes.ac.id/sju/jubk/article/view/75050%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/jubk/article/download/75050/25420

Hapsari, A. A. (2023). PENGARUH SOCIAL COMPARISON TERHADAP BODY DISSATISFACTION DIMODERASI OLEH SELF-ACCEPTANCE PADA BANDUNG.

Haryono, S. C. (2024). Christian Mindfulness: Sebuah Spiritualitas Holistik Keseharian dalam Tradisi Buddha dan Kristen. GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Filsafat Keilahian, 9(1), 105–114. https://doi.org/10.21460/gema.2024.91.1112

Ikkyu, & Yuliawati, L. (2022). Gratitude Sebagai Mediator Antara Mindfulness Dan Penerimaan Diri. Proyeksi, 17(2), 48. https://doi.org/10.30659/jp.17.2.48-59

Inayatul Fajriyah, A., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Menggambar Bebas Sebagai Upaya Mengurangi Perilaku Insecure Pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 6(2), 12514–12525. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4970

Marfuah, S. (2021). Konseling Pendekatan Kognitif untuk Mengatasi Kesepian. 8(4), 153–160. https://doi.org/10.22219/procedia.v8i4.14786

Martini, S. (2024). Pelatihan Mindfulness untuk Meningkatkan Grit pada Guru. Journal on Education, 07(01), 2417–2426.

Marweni, D. A. Y. U. (2024). Hiperrealitas Cantik Dan Impulsive Buying. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27675

Nafisyah, W., & Khasanah, A. (2023). Studi Mindfulness terhadap Body Image pada Remaja Putri. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i1.5469

Nazir. (2017). Metodologi Penelitian.

Prabayanti, I. D. A. A. A., Suranata, K., & Dharmayanti, P. A. (2023). Pengembangan panduan model konseling cognitive behavioral therapy teknik mindfulness berbasis website SI-konseling untuk mengatasi traumatik pada remaja korban kekerasan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 661. https://doi.org/10.29210/1202322873

Putra, S., Tuerah, P., Mesra, R., Sukwika, T., Sarman, F., Nir, nuzulul arifin, Nuruzzaman, M., Susmita, N., Nilawati, Sari, mike nurmalia, Ladjin, N., Mulyapradana, A., Sinaga, enny keristiana, & Akbar, jakub saddam. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF : teori dan panduan praktis analisis data kuantitatif. In Metode Penelitian Kualitatif (Issue May 2024). http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Rahmawati, W. K. (2016). Keefektifan peer support untuk meningkatkan self-discipline siswa smp. Jurnal Konseling Indonesia, 2(1), 15–21. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI

Rahmawati, W. K., Ahmad, A., & Azizah, D. N. (2020). Efektivitas Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jember. Journal Education Research an Development, 47–56.

Ramadhani, Z. N., & Kusuma, R. S. (2024). Fenomena Insecure Remaja Perempuan Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram.

Rania, U. A., & Yuliana, N. (2023). Self Acceptanceuntuk Mengurangi Insecurityterhadap Standar Kecantikan Di Instagram. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(6), 2023–2054. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v2i6.1139

Resanofa, S. (2021). Terapi Behavior Kognitif Dalam Mengatasi Insecure Bagi Remaja Dilayanan Psikocare Kota Semarang. 23–26.

Sulistianingsih, S., Fajar, I., & Muslimah, M. (2022). Implementasi Konseling Individu Berbasis Kognitif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa. Sociocouns: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2(2), 119–132. https://doi.org/10.35719/sjigc.v2i2.76

Waruwu, M., Pu`at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v6i2.37942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats