Mengoptimalkan Peran Guru Mata Pelajaran Dalam Mendukung Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas

Zetri Rahmat, Mega Iswari, Afdal Afdal, Syarifah Syarifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi guru mata pelajaran dalam mendukung efektivitas program Bimbingan dan Konseling (BK) di Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya dalam konteks keterbatasan jumlah guru BK di sekolah. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur (library research), dengan menganalisis 20 artikel ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan pendidikan yang relevan selama kurun waktu 2018–2024. Hasil telaah menunjukkan bahwa keterlibatan aktif guru mata pelajaran dalam pengenalan layanan BK, pengamatan perubahan perilaku siswa, dan pemberian akses terhadap ruang konseling memiliki dampak positif terhadap penerimaan dan efektivitas layanan BK di sekolah. Selain itu, kolaborasi antara guru mata pelajaran dan guru BK dapat membantu mengatasi stigma negatif terhadap konseling serta memperkuat dukungan psikososial siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi materi konseling dasar dalam pelatihan profesi guru sebagai langkah strategis memperkuat sinergi antarpendidik. Temuan ini berkontribusi pada upaya memperkuat model kolaboratif dalam layanan bimbingan dan konseling berbasis sekolah secara holistik.


Keywords


Bimbingan dan Konseling, Guru Mata Pelajaran, Kolaborasi Sekolah, Studi Literatur, Sekolah Menengah Atas.

Full Text:

PDF

References


Arifai, A. (2020). Problematika Dan Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling. Raudhah Proud To Be Professionals, 1(1), 1-7. https://core.ac.uk/download/pdf/480893511.pdf

Candra, A. (2025, January 9). Mendikdasmen Abdul Mu’ti: Guru tak hanya mengajar, ini 4 tugas baru yang harus diketahui. Rakyat Empat Lawang. https: https://rakyatempatlawang.bacakoran.co/read/19879/mendikdasmen-abdul-muti-guru-tak-hanya-mengajar-ini-4-tugas-baru-yang-harus-diketahui/15

Darmawati, D., Zatrahadi, M. F., Istiqomah, I., Rahmad, R., Miftahuddin, M., & Suhaimi, S. (2022). Komunikasi guru dalam proses persiapan pembelajaran online kembali offline. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 2(2), 73-81.

Dewi, D. T. K. (2019). Peran guru kelas pada pelaksanaan bimbingan konseling dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab di SD Negeri 1 Pamijen. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(2), 115-123.https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Caruban/article/view/2357

Fenti, H. (2016). Bimbingan dan Konseling. Rajawali Pers. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/bimbingan-konseling/

Gunawan, A. R., & Amalia, R. (2022). Peran guru pai dalam bimbingan konseling siswa bermasalah di sma 1 tambun utara kabupaten bekasi. Eduprof: Islamic Education Journal, 4(1), 32-47. https://journal.ljpi.bbc.ac.id/eduprof/article/view/112

Kasingku, J., & Gosal, F. (2024). Pendidikan Holistik Sebagai Dasar Pembentukan Karakter. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7916-7930.

Kamaluddin, H. (2011). “Bimbingan dan Konseling Sekolah.” Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 447–454. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/40

Maisyaroh, I., Abdullah, M., & Hadi, M. N. (2023). Model asesmen sumatif dengan menggunakan metode library research untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) pada kurikulum merdeka. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 274-287. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/asatiza/article/view/1063/475

Mange, Y. (2019). Pengaruh persepsi konselor sebagai polisi sekolah terhadap motivasi siswa untuk mendapatkan pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa SMA Negeri 2 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 62-68. https://www.jurnal.umbarru.ac.id/index.php/bkmb/article/view/31

Mulyati, S., & Kamaruddin, K. (2020). Peran guru dalam pelaksanaan bimbingan konseling. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 172-184. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-liqo/article/view/241

Nasution, I., Faeyza, A., Lestari, I., & Aini, N. (2025). Evaluasi program pendidikan. Journal of Counseling, Education and Society, 6(1), 23-32. https://jurnal.iicet.org/index.php/jces/article/view/5690

Nurlaili, Nurhayati & Mega Iswari (2022). Pelayanan Bimbingan dan Konseling Guru Kelas Terhadap Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 5(1), 79-89. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elibtidaiy/article/view/17012

Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) modul pembelajaran berbasis augmented reality pada pembelajaran siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317-329. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37489

Putra, I. P. (2024, October 30). Kemendikdasmen tambah materi bimbingan konseling dalam sertifikasi PPG. https:// https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GKdlWYrK-kemendikdasmen-tambah-materi-bimbingan-konseling-dalam-sertifikasi-ppg

Saputri, S. M., Prayitno, P., & Jaya, Y. (2018). Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Serta Pembinaannya. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1-20. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/enlighten/article/view/511

Tempo. (2025, June 14). Indonesia kekurangan 242 ribu guru BK, rasio saat ini 1:570. Tempo. https://www.tempo.co/politik/indonesia-kekurangan-242-ribu-guru-bk-rasio-saat-ini-1-570-123096




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v6i2.37896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats