Pengaruh Disiplin Kerja Guru dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Sela Ristiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kecamatan Limau, Kabupaten Tanggamus. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Instrumen penelitian berupa angket disebarkan kepada 16 SDN yang menjadi lokasi penelitian, melibatkan sejumlah guru sebagai responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi sederhana, regresi berganda, dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) disiplin kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,447 dan R² sebesar 76,4%; (ii) motivasi kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,654 dan R² sebesar 22,2%; (iii) secara simultan, disiplin kerja dan motivasi kerja memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 87,1%. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan disiplin kerja dan motivasi kerja guru sebagai upaya strategis untuk mengoptimalkan kinerja mereka.


Keywords


Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru, Regresi Berganda.

Full Text:

PDF

References


Anggreini, Dewi, and Eko Priyojadmiko. 2022. “Peran Guru Dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Era Omicron Dan Era Society 5.0.” Pp. 75–87 in Prosiding Seminar Nasional PGSD UST. Vol. 1.

Armadan, Aditia. 2023. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Implementasi Manajemen Mutu.” Attractive: Innovative Education Journal 5(3):129–39.

Febriani, Dinny. 2021. “Pengaruh Moticasi Ekstrinsik Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 9(2):91–100.

Imron, Muzammil. 2023. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam‎ Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru.” Journal Creativity 1(1):41–62.

Khaeruman, Khaeruman, Suflani Suflani, Ahmad Mukhlis, and Ombi Romli. 2023. “Analisis Efektivitas Strategi Penilaian Kinerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Karyawan Di Indomaret Kota Serang.” Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo 9(2):352–63.

Khana, Muhammad Amar, Ali Zainudin, Asep Irfan Fanani, and Chaerly Mirochina. 2023. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Dan Kedisiplinan Guru Di SD Juara Kota Bandung.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(25):595–612.

Nisa’Fitriani, Choirun, and Muhammad Ali. 2022. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Kebonsari Madiun.” Excelencia: Journal of Islamic Education & Management 2(01):1–20.

Priadana, M. Sidik, and Denok Sunarsi. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Putranto, Algooth, Alfa Santoso Budiwidjojo Putra, Nurul Hikmah, Sabda Imanirubiarko, Susanto Susanto, and Sri Purwati. 2023. “Program Pelatihan Analisis Data Menggunakan Aplikasi Spss Dalam Penyusunan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(5):10146–53.

Sanga, Laurensius Dihe, and Yvonne Wangdra. 2023. “Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa.” Pp. 84–90 in Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK). Vol. 5.

Savira, Liza. 2023. “Peran Guru Pada Transformasi Pendidikan Dalam Menyongsong Generasi Emas 2045.” Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 4(2):28–36.

Sholeh, Muh Ibnu. 2023. “Pengakuan Dan Reward Dalam Manajemen Sdm Untuk Meningkatkan Motivasi Guru.” COMPETITIVE: Journal of Education 2(4):212–34.

Sopiyani, Rahmawati Intan, Mastur Thoyib, and Joko Riyanto. 2023. “Pengaruh Tingkat Kompetensi, Disiplin Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru.” Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi 5(1):16–28.

Sumarno, Sumarno, and Alan Luthfi Gesang Saputra. 2023. “peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru di smp muhammadiyah 6 ngawi.” Journal j-mpi: jurnal manajemen pendidikan, penelitian dan kajian keislaman 2(2):58–72.

Syahroni, Muhammad Irfan. 2022. “Prosedur Penelitian Kuantitatif.” EJurnal Al Musthafa 2(3):43–56.

Yam, Jim Hoy. 2022. “Refleksi Penelitian Metode Campuran (Mixed Method).” EMPIRE 2(2):126–34.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v6i1.35085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats