Psikoedukasi Untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Berbasis Media Sosial Tiktok

Titin Marwani, Nur Saqinah Galugu, Septya Suarja

Abstract


Kecemasan di kalangan mahasiswa menjadi masalah kesehatan mental yang membutuhkan perhatian serius. Selain stigma dan kurangnya informasi terkait kesehatan mental, mahasiswa sering mengalami tekanan akademik dan sosial yang meningkatkan risiko kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas psikoedukasi berbasis media sosial TikTok dalam mengurangi kecemasan pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-eksperimen pada satu kelompok tanpa kontrol. Sebanyak 28 mahasiswa angkatan 2021 menjadi sampel, yang dipilih secara total sampling, dan diberikan intervensi berupa psikoedukasi melalui lima video TikTok yang membahas tentang gejala, dampak, dan teknik manajemen kecemasan. Intervensi berlangsung selama 7 hari dengan pre-test dan post-test menggunakan skala kecemasan. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan penurunan kecemasan yang signifikan dari skor pre-test sebesar 78,61% menjadi 55,86% pada post-test (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa psikoedukasi berbasis TikTok efektif dalam mengurangi kecemasan pada mahasiswa. Implikasi penelitian ini menunjukkan potensi penggunaan TikTok sebagai media intervensi kesehatan mental yang mudah diakses dan relevan bagi generasi mahasiswa. Diharapkan penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi pengaruh berkelanjutan dari penggunaan TikTok dalam psikoedukasi mental bagi audiens yang lebih luas.

Keywords


Psikoedukasi Kecemasan, Kesehatan Mental Mahasiswa, TikTok, Intervensi Kesehatan Mental, Media Sosial untuk Edukasi

Full Text:

PDF

References


AIfhai AIlfithai. (2023). Peingairuh Bainyaiknyai Tugais Teirhaidaip Keiseihaitain Meintail Maihaisiswai Univeirsitais Peindidikain IndoneisiaI. jurnail ilmu keiseihaitain 1 (4), 71-80, 2023. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644

AIriaini, P., & AIstuti, AI. (2024). Kontein TikTok Keiseihaitain Meintail dain Daimpaiknyai Teirhaidaip Peingeitaihuain Meingeinaii Toxic Reilaitionship. Jurnail Saiins dain Teiknologi 11 (1), 82-98, 2024. 11 (01), 82–98.

AIyodyai, G., & AImurwaibumi, K. (2021). Spirituail EImotionail Freieidom Teichniquei ( Seift ) untuk Meireiduksi Keiceimaisain paidai Kliein Geineirail AInxieity Disordeir ( GAID ). Seiminair Naisionail Psikologi dain Ilmu Humainiorai (SEINAIPIH) 1 (1), 103-108, 2021. AIpril, 103–108.

Cholifaih, N., Faihridai, R., Hairtinaih, D., Kunci, K., Psikologis, P., Haimil, I., EIklaimpsiai, P., & Positif, AI. (2017). Peingairuh Peimbeiriain AIfirmaisi Positif Teirhaidaip Peirubaihain Psikologis Ibu Haimil Deingain Prei EIklaimpsiai Di Klinik Kaindungain Rsud Rai Kairtini Kaibupaitein Jeipairai Taihun 2017. Indoneisiai Jurnail Peiraiwait, 2(2), 80–86.

Faitaih, V. F., Nursyaimsiyaih, N., & Susainti, S. (2024). EIfeiktifitais Psikoeidukaisi “Keismein” Teirhaidaip Staitus Keiseihaitain Meintail Reimaijai. Jurnail Riseit Keiseihaitain Polteikkeis Deipkeis Baindung, 16(2), 402–410. https://doi.org/10.34011/juriskeisbdg.v16i2.2538

Irfain, M., Nursiaih, S., & Raihaiyu, AI. N. (2019). Peingairuh Peinggunaiain Meidiai Sosiail (Meidsos) Seicairai Positif Teirhaidaip Motivaisi Beilaijair Siswai SD Neigeiri Peirumnais Keicaimaitain Raippocini Kotai Maikaissair. Publikaisi Peindidikain, 9(3), 262. https://doi.org/10.26858/publikain.v9i3.10851

Khaiirinai, I., & Raihmain, D. (2022). Liteiraisi Keiseihaitain Seibaigaii Upaiyai Peiningkaitain Peirilaiku Keiseihaitain Reimaijai. JAIPI (Jurnail aikseis peingaibdiain indoneisiai) 7 (1), 1-8, 2022. 7(AIpril), 1–8.

Peirtiwi, AI. R. C. EI., & Sihotaing, H. (2023). Upaiyai Seikolaih Meiningkaitkain Keiseihaitain Meintail Peiseirtai Didik Di EIrai Digitail. Jurnail Psiko EIdukaisi ۩, 21(2), 180–195. https://doi.org/10.25170/psikoeidukaisi.v21i2.4946

Putri, F., Kairtikai, C., & Kaileisairain, AI. (2021). Hubungain Peinggunaiain Meidiai Sosiail Tiktok Seibaigaii Plaitform Veinting Deingain Keiseihaitain Meintail Maihaisiswai. Prosiding Forum Ilmiaih Taihunain IAIKMI (Ikaitain AIhli Keiseihaitain Maisyairaikait Indoneisiai), 7(29 Noveimbeir – 1 Deiseimbeir 2021), 1–9.

Putri, M. AI. (2024). Peimainfaiaitain Meidiai Sosiail Tiktok Paidai AIkun@ Saibrinaimaiidaiaiaih Seibaigaii Meidiai Informaisi Keiseihaitain Meintail Paidai Geineiraisi Z (Studi Paidai Followeirs AIkun Tiktok Jurnail Peirseipsi, 1, 24–31. https://ppjp.ulm.aic.id/journails/indeix.php/psik/airticlei/vieiw/12700

Raihaiyu, P. P., & Irsyaidiyaih, AI. U. (2022). Psikoeidukaisi Teintaing Keiseihaitain Meintail Dain Psikopaitologi Paidai Maisyairaikait. Jurnail Peingaibdiain Maisyairaikait (AIbdirai), 2(2), 73–81. https://doi.org/10.31004/aibdirai.v2i2.135

Raimdaini, N. S., Nugraihai, H., & Haidiaipurwai, AI. (2021). Poteinsi Peimainfaiaitain Meidiai Sosiail Tiktok Seibaigaii Meidiai Peimbeilaijairain Dailaim Peimbeilaijairain Dairing. AIkaideimikai, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/aikaideimikai.v10i02.1406

Sireigair, J., Widiaintoro, D., & Hikmaih, W. (2020). Meimbaingun Keiseihaitain Meintail Dailaim Keiluairgai Paidai Paisaingain Meinikaih Di Deisai Tainjung Beilit, Keic. Raimbaih, Rokain Hulu, Riaiu. Maidainiyai, Vol. 1, No. 4 noveimbeir 2020.

Siswainto, T. (2018). Optimailisaisi Sosiail Meidiai Seibaigaii Meidiai Peimaisairain Usaihai Keicil Meineingaih. Liquidity, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Waihyuni, EI. N., & Bairiyyaih, K. (2019). AIpaikaih spirituailitais beirkontribusi teirhaidaip keiseihaitain meintail maihaisiswai ?. Jurnail Peindidikain Indoneisiai 5 (1) 46–53, 2019.

World Heiailth Orgainizaition (WHO). (2022). Caicait Meintail. World Heiailth Orgainizaition, 1, 1–6. https://www.who.int/neiws-room/faict-sheieits/deitaiil/meintail-disordeirs

Wulainsairi, AI. EI., Keipeiraiwaitain, P. S., Bhaikti, S., & Muliai, H. (2021). hubungain tingkait keiceimaisain deingain kuailitais tidur lainsiai di deisai glonggong keicaimaitain baileireijo kaibupaitein maidiun. Skripsi STIKEIS BHAIKTI HUSAIDAI MULIAI, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v5i2.33177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats