Remaja Fear Of Missing Out : Bagaimana Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Relatedness?

Aulia Selfianti, Nur Saqinah Galugu, Muhammad Irham Zainuri, Imam Pribadi, Ainul Fahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara intensitas penggunaan Instagram dan perilaku Fear of Missing Out (FoMO) pada remaja. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo yang aktif menggunakan Instagram minimal satu jam per hari. Populasi penelitian berjumlah 428 siswa, dengan sampel 107 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria pemilihan ini berpotensi menimbulkan bias dan dapat mempengaruhi generalisasi hasil, namun relevan untuk memahami pola penggunaan Instagram yang tinggi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Instrumen penelitian mencakup skala intensitas penggunaan Instagram, relatedness, dan FoMO, yang dikembangkan menggunakan skala Likert. Reliabilitas dan validitas instrumen telah diuji dengan Cronbach's Alpha > 0,7 dan validitas menggunakan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan Instagram berpengaruh signifikan terhadap FoMO (p < 0,05), sementara relatedness tidak memiliki pengaruh signifikan (p > 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa FoMO dipicu lebih oleh interaksi dan perbandingan sosial yang terjadi di Instagram daripada kebutuhan keterikatan sosial (relatedness). Analisis regresi menunjukkan bahwa variabel penggunaan Instagram dan relatedness secara simultan berkontribusi sebesar 23,1% terhadap FoMO, menyiratkan adanya faktor lain di luar penelitian ini yang mempengaruhi fenomena tersebut. Penelitian ini menyarankan perlunya pemahaman yang lebih komprehensif mengenai dampak psikologis penggunaan media sosial dan menyarankan orang tua serta institusi pendidikan untuk membantu remaja dalam mengurangi dampak negatif dari FoMO. Implikasi praktisnya termasuk edukasi mengenai keseimbangan penggunaan media sosial dan peningkatan kesadaran tentang risiko perbandingan sosial. Temuan ini terutama relevan untuk platform seperti Instagram, namun keterbatasan penelitian ini terkait generalisasi terhadap platform media sosial lain perlu diperhatikan dalam studi lanjutan.

Keywords


Media Sosial Instagram, Keterkaitan, Fear Of Missing Out

Full Text:

PDF

References


Aisafitri, L., & Yusriyah, K. (2021). Kecanduan Media Sosial (FoMO) Pada Generasi Milenial. Jurnal Audience, 4(01), 86–106. https://doi.org/10.33633/ja.v4i01.4249

Anggraeni, E. K. (2021). Fear Of Missing Out (FOMO), Ketakutan Kehilangan Momen. Kemenkeu.Go.Id, 2, 2–3. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/ar tikel

Astuti, C. N. (2021). Hubungan Kepribadian Neurotisme dengan Fear of Missing Out pada Remaja Pengguna Aktif Media Sosial. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(2), 245–258. https://doi.org/10.23887/jibk.v12i2.34086

Azizah, E., & Baharuddin, F. (2021). Hubungan antara Fear of Missing Out (FOMO) dengan kecanduan media sosial instagram pada remaja. Jurnal Psikologi Humanistik, 9(01), 15–25. https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/humanistik/article/view/197

Cahyani, R. O., & Pangestuti, R. (2023). Fear of missing out (FoMO) dengan social comparison pada mahasiswa pengguna Instagram. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 20(1), 568–578. https://doi.org/10.18860/psikoislamika.v20i1.20567

Coskun S, Karayagız Muslu G. (2019). Investigation of Problematic Mobile Phones Use and Fear of Missing Out (FoMO) Level in Adolescents. Community Ment Health 55(6):1004-1014. doi: 10.1007/s10597-019-00422-8.

Desi Tri Satriani. (2014). Hubungan Relatedness Dengan Intensitas Penggunaan Jejaring Sosial Twitter Pada Mahasiswa. Skripsi. Psikologi Sosial. https://doi.org/SKR/FIS/2014/459/051408400

Dewi, N. K., Hambali, I., & Wahyuni, F. (2022). Analisis Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Social Environment terhadap Perilaku Fear of Missing Out (FoMO). Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 11–20.

Elhai, J. D., Levine, J. C., Dvorak, R. D., & Hall, B. J. (2016). Fear of missing out, need for touch, anxiety and depression are related to problematic smartphone use. Computers in Human Behavior, 63, 509–516. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.079

Fitri, H., Hariyono, D. S., & Arpandy, G. A. (2024). Pengaruh Self-Esteem Terhadap Fear Of Missing Out (Fomo) pada Generasi Z Pengguna Media Sosial. Jurnal Psikologi, 1(4), 21. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2823

Gordon, S. (2022). Bagaimana FOMO Berdampak pada Remaja dan Dewasa Muda. Verywellfamily.Com, 5. https://www-verywellfamily-com.translate.goog/how-fomo impacts-teens-and-young adults 4174625? xtrsl=en &_xtrtl =id&_xtr_hl=id&_x _tr_pto=tc (diakses pada 10 Juanurari 2024)

Kaloeti, D. V. S., Kurnia S, A., & Tahamata, V. M. (2021). Validation and psychometric properties of the Indonesian version of the Fear of Missing Out Scale in adolescents. Psicologia: Reflexao e Critica, 34(1). https://doi.org/10.1186/s41155-021-00181-0

Lius, C. (2017). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecenderungan Narsisistik Pada Siswa Sma Kristen 1 Salatiga Yang Menggunakan Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Psikohumanika, IX(1), 10–24.

Marlina, R. D. (2017). Hubungan antara fear of missing out dengan kecanduan internet pada Emerging Adulthood. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Skripsi http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10523

Metin Argan, M. T. (2019). Toward a New Understanding of Fomo: ‘Fomsumerism.’ Pazarlama Teorisi ve Uygulamaları Dergisi, 5(2). https://betadergi.com/patu/yonetim/icerik/makaleler/63-published.pdf

Mustajab, R. (2023). Indonesia Miliki 97,17 Juta Pengguna Instagram hingga Akhir 2022. DataIndonesia.Id, 1–10. https://dataindonesia.id/internet/detail/indonesia-miliki-9717-juta-pengguna-instagram-hingga-akhir-2022

Nafis, M. B. A., & Augustinah, F. (2023). Pengaruh Existence Needs, Relatedness Needs, dan Growth Needs. Jurnal Soetomo Administrasi Bisnis, 1(1), 25–42. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/5714

Nafisa, S., & Kusuma Salim, I. (2022). Hubungan antara Fear of Missing Out dengan Kecanduan Media Sosial. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 2(1), 41–48. https://doi.org/10.25299/jicop.v2i1.9406

Nailis Sangadah. (2023). Hubungan Loneliness Dengan Perilaku Fear of Missing Out (Fomo) Pada Siswa Sma Negeri 1 Tulungagung. Conseils : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 32–41. https://doi.org/10.55352/bki.v3i1.182

Nasution, A. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484

Raihan Hasya. (2023). Whatsapp Teratas, Ini 7 Media Sosial Paling Banyak Digunakan Warganet Indonesia Sepanjang 2022. GoodStats, 1–11. https://goodstats.id/article/whatsapp-teratas-ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan-warganet-indonesia-sepanjang-2022-iJklw. (diakses pada 24 September 2024)

Ramadhan, P. C., Rosdiana, A. M., & Karima, B. A. (2022). Apakah Intensitas Penggunaan Instagram Berhubungan Dengan Kepercayaan Diri: Analisis Korelasi Pada Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Malahayati, 4(2), 175–185. https://doi.org/10.33024/jpm.v4i2.6925

Robbin. (2017). Teori Motivasi ERG Alderfer. YourCoach, 2–4. https://www-yourcoach-be.translate.goog/en/employee-motivation-theories/erg-motivation-theory-alderfer/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc. (diakses pada 12 Februari 2024)

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2013). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan. Interaksi-Online, 6(04), 1–12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/download/21950/20197

Sari, O. P. I. (2022). Pengaruh Motivasi Existence Relatedness Growth Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirta Kahuripan Cibinong Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan.

Servidio, R., Griffiths, M. D., & Demetrovics, Z. (2021). Dark triad of personality and problematic smartphone use: A preliminary study on the mediating role of fear of missing out. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(16). https://doi.org/10.3390/ijerph18168463

Suga, T. A. (2020). Hubungan Antara Fear Of Missing Out (Fomo) Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya (Unesa). In Orphanet Journal of Rare Diseases (Vol. 21, Issue 1).

Utomo, T. D., & Utami, A. (2024). The Correlation between Emotional Intelligence and Internet Addiction in Christian Young People Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Adiksi Internet pada Kaum Muda Kristen. Teologi Dan Pelayanan, 1(1), 125–152. https://doi.org/10.36421/veritas.v23i1.710

Wibowo, D. S., & Nurwindasari, R. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Instagram Terhadap Regulasi Diri Dan Fear Of Missing Out. Psikologi Sosial Di Era Revolusi Industri 4.0: Peluang & Tantangan, 323–327. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10153




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v5i2.33122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats