Teknik Art Therapy “Membatik” Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. & Asrori, M. (2014). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 54-61.
Creswell, J. W. (1998). Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.
Eskak, E. (2018). Menggali Nilai-Nilai Solidaritas Dalam Motif-Motif Batik Indonesia. Jantra, 13(2), 107-124
Eva, E., Affifah, G. H., Hanun, I. N., & Solihin, S. (2021). Efektivitas art theraphy dalam membantu mencerdaskan emosional pada anak kelas 1-6 madrsah desa jagabaya. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(22), 74-91.
Fauziyyah, S. A., Ifdil, I., & Putri, Y. E. (2020). Art Therapy Sebagai Penyaluran Emosi Anak. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(3), 109-114
Krippendorff, Klaus, Content Analysis: an introduction ot its Methodology, London: SAGE Publucations, 1991
Maulidina, A., & Peserta didiknto, R. A. PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF ART THERAPY SEBAGAI METODE REGULASI EMOSI DESIGNING INTERACTIVE MEDIA OF ART THERAPY AS A METHOD OF EMOTION REGULATION.
Mahardika, B. (2017). Implementasi metode art therapy dalam mencerdaskan emosional peserta didik. utile: Jurnal Kependidikan, 3(2), 114-125.
Mukhlis, A. (2011). Pengaruh terapi membatik terhadap depresi pada narapidana. Psikoislamika: Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 8(1).
Nursalim, Alvin. 2017. Tanda-Tanda Stress pada Remaja. Tersedia dalam: http://www.klikdokter.com/rubrik/read/30627 02/tanda-tanda-stres-pada-remaja
Nguyen, M. (2016). Art Therapy – A Review of Methodology, (January 2015).
Nursalim, M., & Saroinsong, W. P. (2021). Pengembangan Model Mindfulness-Based CBT APP (MBSA-8 CR): Intervensi terhadap Keterampilan Resiliensi Remaja di Indonesia, Timor Leste, dan Malaysia sebagai Luaran Rekognisi Internasional. Surabaya: UNESA.
Putri, D. R. (2016). Peran dukungan sosial dan kecerdasan emosi terhadap kesejahteraan subjektif pada remaja awal. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 12-22
Putri, D. R., Fillianto, A. D. C., & Iriyanto, J. B. (2021). Implementasi Art Therapy untuk Meningkatkan Coping Stress Terkait Permasalahan Perkembangan di Usia Remaja. JURNAL TALENTA, 10(2).
Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press
Setyowati, A. (2010). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi pada peserta didik penghuni rumah damai (Doctoral dissertation, UNDIP).
Sholihah, I. N. M. (2018, October). Kajian teoritis penggunaan art therapy dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK. In 1st ASEAN School Counselor Conference on Innovation and Creativity in Counseling. Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah.
Snyder, H. 2019. ‘Literature review as a research methodology: An overview and guidelines’. Journal of Business Research, 104, pp. 333–339, https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Triastutik, A., & Kurnia, D. I. (2019, July). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Batik Megamendung Untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosi Remaja Di Era Revolusi Industri 4.0. In SEMBIKA: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling.
Udayana, J. P. (2016). Gambaran kebutuhan psikologis pada anak dengan gangguan emosi dan perilaku (tinjauan kualitatif dengan art therapy sebagai metode penggalian data) AA Ayu Wulan Dwi Anggaswari dan IGAP Wulan Budisetyani. Jurnal psikologi udayana, 3(1), 86-94.
Ulfiana, E., Chotimah, K., & Rani, Z. (2020). PENERAPAN ART THERAPY MEMBATIK COLET SEBAGAI UPAYA MEMELIHARA FUNGSI KOGNITIF LANSIA DI POSYANDU BAROKAH, KELURAHAN KLAMPIS NGASEM, KECAMATAN SUKOLILO, KOTA SURABAYA, PROVINSI JAWA TIMUR: The Application of Art Therapy Batik Colet as An Effort to Maintain Elderly Cognitive Functions in Posyandu Barokah, Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 6(1), 41-45.
Wahyuni, W. (2018). Hubungan antara Dukungan Kelompok Sebaya dan Kecerdasan Emosional dengan Resiliensi Pada Remaja. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Zuroida, A., & Grahani, F. O. (2022). Art therapy dalam upaya menurunkan kecenderungan agresi pada remaja awal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1212-1218
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v5i2.33120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.