Analisis Perilaku Membolos Siswa dan Penanganannya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku membolos siswa, faktor yang mempengaruhinya, dan strategi penanganan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling (BK) di SMAN 9 Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi langsung, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua siswa sering terlambat dan tidak mengikuti mata pelajaran pertama akibat kurangnya kontrol diri dan pengaruh negatif teman sebaya. Selain itu, kurangnya pengawasan orang tua juga berperan penting. Guru BK menerapkan teknik kontrak perilaku dalam pendekatan behavioristik sebagai strategi penanganan. Intervensi ini berhasil mengurangi frekuensi membolos, yang dibuktikan dengan peningkatan kehadiran dan prestasi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa teknik kontrak perilaku efektif dan dapat diadaptasi di sekolah lain untuk menangani perilaku serupa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, V., & Karneli, Y. (2021). Konseling Individual Mengunakan Teknik Parenting Untuk Membangun Karakter Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 935–942. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/456
Bambang Dibwo Wiyono, M. A. W. (2019). Mas Aisyatul Widad Bambang Dibyo Wiyono Abstrak.
Briliant, A., Riza, B. Al, & Rama, I. W. (2024). Peran Orang Tua dan Guru BK dalam Mengatasi Perilaku Membolos di SMP N 02 Tangen. IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2, 315–323.
Dari, W., Supriatna, E., & Rohaeti, E. E. (2022). Gambaran Deskriptif Prilaku Membolos Siswa Smp Kelas Vii Dan Viii Di Smp Kartika Xix-2. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(3), 172–179. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i3.8059
Diana, F. E., Pandang, A., & Saman, A. (2023). Perilaku Membolos Dan Penanganannya ( Studi Kasus Pada Siswa SMP NEGERI 4 Alla Kab . Enrekang ). Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbinga : Universitas Negeri Makassar, 3, 1–7.
Ernawati, E., & Ahzani, A. P. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pengendalian Diri Siswa Kelas VIII SMP. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 349-357.
Erni, & Agustang, A. (2021). SMK Handayani Makassar Abstrak. 1(3), 97–102.
Fadhil Alghi Fari Majid, M. (2020). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran PAI. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(3), 95–103. https://doi.org/10.31960/konseling.v1i3.343
Fadlullah, A. (2021). Perilaku Membolos Kelas 3; Studi Kasus Pada SMP Negeri 02 Srijaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 141–152. https://symfonia.iaiqi.ac.id/index.php/symfonia/article/view/15
Fatchurrahman, M. (2018). Problematik Pelaksanaan Konseling Individual. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25–30.
Haq, M. D. D. (2019). Peran guru bk dalam menangani prilaku membolos siswa di mts nu raudlatus shibyan. Konseling edukasi “Journal of Guidance and Counseling,” 3(2), 1–18. https://doi.org/10.21043/konseling.v3i2.6114
Haryanti, R. (2023). Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Membolos Siswa Di MAN 1 Pamekasan. 1–23.
Jauhari, M. H., & Syukur, Y. (2023). Keefektifan Pelaksanaan Layanan Konseling Individual ditinjau dari Diri Siswa di SMPN Penggerak Kota Padang Program Studi Bimbingan Konseling , Universitas Negeri Padang. 7(1), 24183–24192.
Karyanto, K., Masturi, M., & Kiswantoro, A. (2023). Mengatasi Perilaku Membolos Melalui Konseling Behavioristik Dengan Teknik Behavior Contract. Jurnal Muria Research Guidance and Counseling (MRGC), 2(2), 113–119. https://doi.org/10.24176/mrgc.v2i2.9902
Kurniasih, R., Ismanto, H. S., & Dian, M. A. P. (2024). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas Xi Tg Smk N 11 Semarang. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 138–151.
Kusaini, U. N., Ananda, S., Wulandari, N., Andini, R. C., Pratama, M. R., Addinda, D. P., Putri, N., & Oktrianda, A. (2024). Studi Analisis Perilaku Membolos pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2021 Univeritas Jambi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(3), 9274–9283.
Kuswoyo, K., Hidayah, N., & Muhammad Diponegoro, A. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Melalui Konseling Kelompok Behavioristik dengan Teknik Aversion Therapy pada Siswa Kelas IX-F SMP Negeri 1 Semanu. Jurnal Syntax Admiration, 2(11), 2123–2137. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i11.342
Lestari, L. (2023). Pengaruh konseling kelompok terhadap penurunan perilaku membolos peserta didik SMK Negeri 1 Mendo Barat. 4(02), 72–77. http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/875/%0Ahttp://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/875/15/Halaman Awal_1915041 (2).pdf
Maiti, & Bidinger. (2018). Pengertian Bimbingan Konseling. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/10814/7/BAB II.pdf
Monica, M. A., Erlina, N., & Rahmaniar, P. R. (2022). Penerapan Konseling Behavioral Menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.146
Nopiarni, R., Yandri, H., & Juliawati, D. (2015). Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Atas Di Era Revolusi Industri 4 . 0 Ririn Nopiarni Hengki Yandri Dosi Juliawati Abstrak.
Oktavia, D. H. (2022). p-ISSN : 2745-7141 e-ISSN : 2746-1920. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(6), 493–519.
Pianda Puaraka, P., Sri Haksasi, B., & Leksono Ph, T. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Membolos (Survey kelas X TKR di SMK Palapa Semarang). Journal of Guidance and Counseling, 2(2), 21–29. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp
Qomaria, S., Arifin, M. T., & Djonu, A. (2022). Pemberian Layanan Informasi untuk Mengurangi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Maumere. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 87–95. https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i1.46528
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 70–76. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/8/6/
Sari, W. P., & Muis, T. (2018). Studi Kasus Tentang Perilaku Membolos di SMA Negeri 1 Plumpang Tuban. Jurnal BK Unesa, 3(1), 23–30.
Sarinawati, S., & Santosa, B. (2023). Efektivitas Behavioral Contract untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Kelas VIII MTsN 6 Lima Piluh Kota. Jptam.Org, 7, 31162–31169. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12084
Setiawati, S. M. (2020). Perilaku Membolos: Penyebab, Dampak, dan Solusi. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2021, 99–108.
Silvi Indah Ariyanah, & Nur Fahmawati, Z. (2024). Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 959–971. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5252
Syaadah, R., Al, M. H., Ary, A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). Pendidikan Formal , Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan. 2(2), 125–131.
Thayibatunisa, A. S. S., Khusayu, D., & ... (2024). Peran Guru BK Dalam Menangani Perilaku Membolos di SMAN 8 Kota Cirebon. Jurnal Manajemen …, 2(4). https://journal.aripafi.or.id/index.php/jmpai/article/view/417%0Ahttps://journal.aripafi.or.id/index.php/jmpai/article/download/417/599
Ummah, M. S. (2019). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dan Guru Terhadap Perilaku Membolos Siswa SMP Negeri 7 Palopo. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Utami, S. (2020). Upaya Mengurangi Perilaku Membolos Dengan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Token Ekonomi. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 115–120. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15064
Wahdini Surizal Putri, D., Fitria, L., & Sefriani, R. (2023). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Membolos Siswa SMK N 7 Padang. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 10(2), 112–117. https://doi.org/10.35134/jpti.v10i2.171
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v5i2.33023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.