Relaksasi Versus Rekreasi: Analisis Perbedaan Stres Mahasiswa Dalam Konteks Hobi Santai, Olahraga, dan Rekreasi

Djoni Aminudin, Hamam Hamam

Abstract


Dalam kehidupan sehari-hari, mahasiswa seringkali mengalami tekanan dari berbagai aspek, baik itu tuntutan akademik yang tinggi, masalah keuangan, hingga dinamika hubungan sosial. Dalam menghadapi berbagai tantangan ini, aktivitas hobi seringkali menjadi pelarian untuk menenangkan pikiran dan melepaskan diri dari tekanan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan stres akademik mahasiswa berdasarkan hobi. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain komparatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 181 mahasiswa (laki-laki = 62; perempuan = 119), individu yang menjadi sampel penelitian memiliki hobi yang beragam seperti hobi santai, n = 103; olahraga, n = 43; dan rekreasi, n = 35. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stres akademik (24 item). Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan perbedan dengan bantuan perangkat lunak JASP. Temuan dari penelitian ini menyoroti kondisi kesejahteraan mental yang signifikan di kalangan mahasiswa, dengan sebanyak 50.3% dari sampel menempati kategori sedang dalam tingkat stres. Analisis lebih lanjut mengenai perbedaan stres berdasarkan aktivitas hobi menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan stres berdasarkan hobi, di mana mahasiswa yang terlibat dalam hobi santai, olahraga, dan rekreasi memiliki tingkat stres yang berbeda-beda. Perbedaan yang signifikan ini memberikan gambaran bahwa aktivitas hobi tidak hanya memberikan kesenangan semata, tetapi juga memiliki dampak yang beragam pada kesejahteraan mental mahasiswa.

Keywords


Stres; Hobi; Rekreasi; Olahraga; Santai

References


Afdal, A., Alizamar, A., Ilyas, A., Zikra, Z., Taufik, T., Erlamsyah, E., Sukmawati, I., Ifdil, I., Ardi, Z., Marjohan, M., Netrawati, N., Zahri, T. N., Putriani, L., Fikri, M., Munawir, M., Syahputra, Y., Astuti, A. D., Trizeta, L., Erwinda, L., … Asmarni, A. (2019). Contribution of statistical anxiety to student learning outcomes: Study in Universitas Negeri Padang. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 042126. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042126

Alfarisi, R., Sandayanti, V., & Feryaldi, A. Y. (2019). Hubungan aktivitas olahraga dengan toleransi stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung. Jurnal Dunia Kesmas, 8(2), 80–85.

Alimah, C., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara self-efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 160–170.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005

Djannah, M. (2020). Pengaruh kesehatan mental di tengah wabah Covid-19 terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 4(1), 2403–2414. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/321

Fajri, N., Syahputra, Y., Karisma, S. P., & Ifdil, I. (2023). Navigating Academic Challenges: Self-Regulated Learning Analysis of Academic Procrastination Students. KONSELOR, 12(2), 65–73.

Hardiantoro, A., & Pratiwi, I. E. (2022). Kurang Piknik Bisa Picu Stres, Ini Solusinya Menurut Psikolog. Kompas.

Herawati, C., Indragiri, S., & Melati, P. (2020). Aktivitas fisik dan stres sebagai faktor risiko terjadinya hipertensi pada usia 45 tahun keatas. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 7(2), 66–80.

Ifdil, I., Lela, L., Syahputra, Y., Fitria, L., Zola, N., Fadli, R. P., Barseli, M., Putri, Y. E., & Amalianita, B. (2022). Academic Stress Among Male and Female Students After the Covid-19 Pandemic. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 7(3).

Ifdil, I., Syahputra, Y., Fadli, R. P., Zola, N., Putri, Y. E., Amalianita, B., Rangka, I. B., Suranta, K., Zatrahadi, M. F., Sugara, G. S., Situmorang, D. D. B., & Fitria, L. (2022). The depression anxiety stress scales (DASS-21): an Indonesian validation measure of the depression anxiety stress. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 5(4), 205–215. https://doi.org/10.23916/0020200536840

Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan Antara Kesabaran Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Pekanbaru. An – Nafs: Jurnal Fakultas Psikologi, 13(1), 21–34.

Istyanto, F., & Rahmi, S. A. (2023). Manfaat Aktivitas Fisik Terhadap Kesehatan Mental Berbasis Narrative Literature Review. Jurnal Kesehatan Madani Medika (JKMM), 14(02), 182–192.

Iswanti, S. (2018). Alat Bantu Pengidentifikasi Tingkat Stres Mahasiswa yang Sedang MengerjakanTugas Akhir/Skripsi. Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 56–63.

Karaman, M. A., Lerma, E., Vela, J. C., & Watson, J. C. (2019). Predictors of Academic Stress Among College Students. Journal of College Counseling, 22(1), 41–55. https://doi.org/10.1002/jocc.12113

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Pengertian Kesehatan Mental [internet]. Diperoleh Dari Https://Promkes. Kemkes. Go. Id/Pengertian-Kesehatan-Mental. Diakses Pada, 13.

Lua, L., & Kristianingsih, S. A. (2023). Hubungan Antara Stres Kerja Dengan Turnover Intention Karyawan Di Pt. X. Motiva Jurnal Psikologi, 5(2), 115. https://doi.org/10.31293/mv.v5i2.6484

Marsinun, R., Erwinda, L., Syahputra, Y., & Asni. (2020). Homosexual and Transgender Tendencies in Terms of Gender: A Rasch Perspective. In International Conference on Progressive Education (ICOPE 2019) Atlantis Press, 422, 358–361. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.150

Michie, S. (1991). Health psychology biopsychosocial interactions. In Journal of Psychosomatic Research (Vol. 35, Issues 4–5). John Wiley & Sons. https://doi.org/10.1016/0022-3999(91)90058-v

Midford, R., & Geng G. (2015). Investigating First Year Education Students’ Stress Level. Australian Journal of Teacher Education, 40(6), 1–12. http://ro.ecu.edu.au/ajte/vol40/iss6/1http://ro.ecu.edu.au/ajte/vol40/iss6/1

Moretti, H. (2021). The Whole-body Guide to Gut Health: Heal Your Gut Through Diet, Exercise, and Stress Reduction. Rockridge Press.

Nabila, N., & Sayekti, A. (2021). Manajemen Stres pada Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi di Institut Pertanian Bogor. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(2), 156–165. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i2.36941

Nuraini, N. S., Asari, F. A., Nur’aini, R., & Habibah, S. S. (2023). Pengaruh Puasa Terhadap Kesehatan Tubuh Dan Mental Dalam Islam. JIS : Journal Islamic Studies, 1(2), 235–241.

Permatasari, M. (2020). Pengaruh gaya berpikir, integritas dan usia pada perilaku kerja yang kontraproduktif. Jurnal Psikologi Ulayat, 1(1), 75–88. https://doi.org/10.24854/jpu5

Poluakan, R. J., Manampiring, A. E., & Fatimawali, . (2020). Hubungan antara aktivitas olahraga dengan ritme sirkadian dan stres. Jurnal Biomedik:JBM, 12(2), 102. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29441

Pranata, D. Y. (2020). Aktivitas Olahraga Yang Dilakukan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Banda Berdasarkan Usia. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 32–38. https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.12543

Prastiyo, N. A., & Maksum, A. (2013). Korelasi antara aktivitas olahraga dengan tingkat stres yang dialami siswa kelas XI Jurusan Busana Butik SMKN 8 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(01), 234–239.

Sandjaja, S. S., Syahputra, Y., & Erwinda, L. (2020). Validasi skala penilaian instrumen perencanaan karier menggunakan Andrich Threshold. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 105–117. https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3310

Soo, F. (2024). Pentingnya Rekreasi Bersama bagi Kesehatan Mental. RRI. https://www.rri.co.id/daerah/590963/pentingnya-rekreasi-bersama-bagi-kesehatan-mental

Syahputra, Y., Sandjaja, S. S., Alizamar, Afdal, & Erwinda, L. (2022). Using Rasch Model To Understand Psychometric Properties of Junior Students Aggressive Behavior Inventory (J-Sabi). Jurnal Psikologi, 15(2), 253–268. https://doi.org/10.35760/psi.2022.v15i2.6064

Trigueros, R., Padilla, A., Aguilar-Parra, J. M., Lirola, M. J., García-Luengo, A. V., Rocamora-Pérez, P., & López-Liria, R. (2020). The influence of teachers on motivation and academic stress and their effect on the learning strategies of university students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(23), 1–11. https://doi.org/10.3390/ijerph17239089

Triswanti, N. (2015). Analisis hubungan faktor stres dan aktivitas olahraga dengan kejadian dismenore pada siswi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Jurnal Dunia Kesmas, 4(3).

Ulfah. (2023). Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Annual Guidance and Counseling Academic Forum, 23–28.

WHO. (2021). World Health Organization.. - World Health Organization. Who, 2019(December), 5. https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/arsenic

Widohardhono, R., Rachman, N., & Jannah, M. (2024). Dampak aktivitas olahraga terhadap stres akademik pada peserta didik. Jurnal Psikosains, 19(1), 93–103.

Yuliani, H., Santoso, H.S., Adi, M. S & Saraswati, L. D. (2016). Gambaran Faktor Risiko Aktivitas Fisik, Kualitas Tidur, Dan Stres Dengan Tekanan Darah Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 4(4), 387–393.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v5i1.29616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats