Potensi Program Pelatihan Keterampilan Konselor Teman Sebaya Dalam Menghasilkan Konselor Sebaya Yang Efektif

Dewi Justitia, Dede Rahmat Hidayat, Muhammad Raihan Al Hafiz, Zahra Zhafirra Hendratno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan konseling teman sebaya melalui pelatihan memimpin kelompok kegiatan bimbingan kelompok. Dengan pendekatan analisis kualitatif, penelitian ini menginvestigasi interaksi antara konselor dan siswa dalam konteks konseling teman sebaya. Data primer diperoleh dari foto dokumentasi yang menggambarkan pelaksanaan program pelatihan keterampilan konseling teman sebaya, sementara data sekunder bersumber dari literatur terkait konseling teman sebaya. Analisis mendalam terhadap gambar dan literatur mengungkap pola interaksi konselor dan siswa dalam pelatihan keterampilan konseling teman sebaya. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa program pelatihan keterampilan konselor teman sebaya memiliki potensi besar dalam menghasilkan konselor sebaya yang efektif dalam membantu teman sebaya dalam mengatasi permasalahan mereka. Temuan ini sejalan dengan tren sebelumnya yang menyoroti pentingnya model peer conformity, peer counseling, counseling, dan teenagers dalam konteks konseling teman sebaya

Keywords


Konformitas Teman Sebaya; Konseling Teman Sebaya; Konseling; Siswa

Full Text:

PDF

References


Annisa, D. F., Erwinda, L., & Syahputra, Y. (2023). The Effectiveness of Group Counseling using Self-talk Techniques to Reduce Procrastination of Post-Earthquake Traumatic Students. Indonesian Journal of Guidance and Counseling Research, 1(2), 102–109.

Atika, A., & Martin, M. (2020). Setting outdoor untuk dinamika kelompok dalam bimbingan kelompok. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 9(2), 64–70.

BKKBN, B. K. K. B. N. (2008). Modul Pelatihan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja Bagi Calon Konselor Sebaya. Direktorat Remaja Dan Perlindungan Hak-Hak Reproduksi, Jakarta: BKKBN.

Elmansyah, T., Sutoyo, A., & Suwarjo. (2015). Model Konseling Teman Sebaya Berbasis Humanistik Untuk Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 6. https://journal.unnes.ac.id/sju/jubk/article/view/9939

Faqih, M. F. (2020). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa Malang yang bekerja. In Etheses.Uin-Malang (p. 116). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hidayati, N. O., Lukman, M., Sriati, A., Widianti, E., Habsyah, D., & Agustina, S. (2017). Pembentukan Konselor Teman Sebaya Dalam Upaya Preventif Perilaku Kekerasan Pada Remaja Di Smp Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(2), 125–128. http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/14861

Istati, M., & Hafidzi, A. (2020). Konseling Teman Sebaya Berbasis Islam dalam mengurangi Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Tantangan Masyarakat Modern. In Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam (Vol. 3, Issue 1, p. 13). download.garuda.kemdikbud.go.id. https://doi.org/10.24014/0.8710505

Jais, M., Arifin, I. Z., & Effendy, D. I. (2018). Konseling Teman Sebaya untuk Meningkatkan Lifeskill Remaja. In Dipublikasikan: Maret (Vol. 57, Issue 1). etheses.uinsgd.ac.id. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9891

Kurnanto, M. E. (2013). Konseling kelompok. Bandung: Alfabeta. Update, 7–2020.

Lubis, I. S., Munthe, S., & Syahputra, Y. (2022). Perbedaan Kecemasan Menulis Siswa Berdasarkan Pengalaman Menulis. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 76–83.

Maris, S. R. (2017). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan problem solving siswa SMP. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 8(2), 118–126.

Musthofa, I. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam Pesantren Dalam Tinjauan Filosofis Metodologis. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 127–139.

Muwakhidah, M. (2021). Keefektifan Peer-Counseling (Konseling Teman Sebaya) Untuk Meningkatkan Resiliensi Remaja di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 52–64. https://doi.org/10.29407/nor.v8i1.15663

Noviza, N. (2011). Konseling teman sebaya (peer counseling) suatu inovasi layanan bimbingan konseling di perguruan tinggi. Wardah, 12(1), 83–98.

Oracle. (2020). Retrieve. https://www.oracle.com/databa se/what-is-database.html

Prasetiawan, H. (2016). Konseling Teman Sebaya (Peer Counseling) Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online. In Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling (Vol. 6, Issue 1, p. 1). https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.453

Prayitno. (2017). Konseling profesional yang berhasil : layanan dan kegiatan pendukung. Rajawali Pers.

Qoyyimah, N. R. H., Noorrizki, R. D., Sa’id, M., Apriliana, J., & Isqy, T. T. (2021). Efektivitas Konseling Sebaya sebagai Upaya Penguatan Kesehatan Mental Remaja Panti Asuhan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 166–173. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.114

Rasimin, M. P., & Hamdi, M. (2021). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bumi Aksara.

Riyanto, B. (2017). Hibriditas budaya indies dan pengaruhnya terhadap gaya desain grafis Indonesia kontemporer. Mudra, 32(1), 195238.

Sandjaja, S. S., Syahputra, Y., & Hariyani, H. (2020). Contribution of Guidance and Counseling Supervision Toward Counselor Performance: Study in Sumatera Utara. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 43. https://doi.org/10.30598/jbkt.v4i1.938

Sarmin, S. (2017). Konselor Sebaya: Pemberdayaan Teman Sebaya dalam Sekolah Guna Menanggulangi Pengaruh Negatif Lingkungan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(1), 102. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.30

Sesva, M., Syahputra, Y., & Erwinda, L. (2022). Predicting Social Media Addiction in Adolescent with Narcistic Variables: Predicting Social Media Addiction in Adolescent with Narcistic Variables. Journal of Learning and Instructional Studies, 2(2), 13–20.

Suryawati, N. M. R. (2016). Konseling Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 202–211. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4247

Syahputra, Y., Neviyarni, N., Netrawati, N., Karneli, Y., & Hariyani, H. (2019). Analisis Transaksional Dalam Setting Kelompok. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(2), 123. https://doi.org/10.31602/jbkr.v5i2.1998

Willis, S. S. (2017). Konseling individual, teori dan praktek.

Zamroni, E. (2017). Pelatihan Peer Counseling Pada Remaja Di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Tunas Bangsa Pati. Jurnal Bagimu Negeri, 1(1), 47–56. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/bagimunegeri/article/view/315%0Ahttps://ejournal.umpri.ac.id/index.php/bagimunegeri/article/download/315/206




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v5i1.29595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats