Analisis Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Agama Islam: Analisis Studi Literatur

Nofmiyati Nofmiyati, Miftahuddin Miftahuddin, M. Fahli Zatrahadi

Abstract


This study aims to identify the factors that influence student participation and the obstacles they face. This research method uses a literature review approach by conducting a literature review of the literature related to student participation in Islamic religious learning. The research results show that learning methods that involve students actively can increase student participation. However, there are obstacles such as lack of time, limited space, lack of student knowledge, lack of student-teacher interaction, and a lack of varied learning resources. In overcoming these barriers, it is important to implement effective learning methods, provide adequate learning resources, involve parents, and create a supportive environment. Thus, student participation in learning Islamic religion in schools can be increased for the formation of strong characters.


Keywords


Student participation, Islamic religious education, Literature

Full Text:

PDF

References


Agus, A. 2022. “Analisis Implementasi Metode Ceramah, Diskusi Dan Tanya Jawab di SMA Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng, Indonesia.” Amanah Ilmu.

Aini, Wirdatul. 2022. “Pengaruh Pendekatan Active Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa SMPN 4.” Tanjak 3(1):7–18.

Amelia, Winda, Arita Marini, and Maratun Nafiah. 2022. “Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(2):520–31.

Azis, Abd. 2017. “Humanisme Dalam Pendidikan Islam: Konsepsi Pendidikan Ramah Anak.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 5(1):94.

Azis, Abdul. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran 3s (Search, Save, And Share) Dengan Memanfaatkan Media Hand Phone Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIIA Semester Genap Di SMPN 2 Cermee Tahun Pelajaran 2019/2020.” Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1).

Caterine, Widya, Nia Budiana, and Sri Aju Indrowaty. 2019. Etika Profesi Pendidikan Generasi Milenial 4.0. Universitas Brawijaya Press.

Cholifah, Umi. 2019. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Eksperimen.” Academy of Education Journal 10(02):142–51.

Fathurrohman, Fathurrohman. 2020. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa.” Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi 7(2):270–88.

Fauziyah, Rifa Nur. 2021. “Strategi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN X Astanaanyar Kota Bandung.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 120–26.

Hatim, Muhammad. 2018. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum.” EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 12(2):140–63.

Hayati, Miratul. 2021. “Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Untuk TK/RA.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):457–72.

Hidayati, Lili. 2014. “Kurikulum 2013 Dan Arah Baru Pendidikan Agama Islam.” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 19(1):60–86.

Holili, Moh. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di SDN Kepel Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017.” Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1).

Irfani, Alifah Nurul, Ika Ratih Sulistiani, and Arief Ardiansyah. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Wahid Hasyim Malang.” Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan 6(6):99–107.

Kautsar, Azzam, and Yayat Suharyat. 2022. “Pelaksanaan Metode Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Pada Pembelajaran Pai Siswa Kelas X Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Tambun Utara.” Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri 1(4):41–53.

Kurniasih, Nina, Andre Ariesmansyah, Nur Fitriani Arningsih, and Danti Nuracti Komarudin. 2022. “Penerapan Metode Belajar Beyond Center and Circles Time Dalam Pengembangan Interaksi Sosial Anak Usia Dini.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1(4):905–18.

Maasyrifah Yeni, Rahmat Syare, Iis Salsabilah. 2022. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta.” Edukatif 8(1):94–106.

Makhrus, Vonis Ahmad, and Lukman Hakim. 2020. “Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Studi Kasus Di SD Negeri Bugasur Kedaleman 1 Gudo.” JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam 31–42.

Muhibah, Siti, and Ima Maisaroh. 2021. “Mengembangkan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Islam Tirtayasa Kota Serang.” Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel) 7(2).

Muhtador, Moh. 2014. “PEMAKNAAN AYAT AL-QURAN DALAM MUJAHADAH: Studi Living Qur’andi PP Al-Munawwir Krapyak Komplek Al-Kandiyas.” Jurnal Penelitian 8(1):93–112.

Nastiti, Rizky, and Nurul Hayati. 2020. “Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa Dan Dosen Di Tengah Pandemi.” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia 3(3):378–90.

Nasution, Inom, and Suharian Suharian. 2020. “Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19.” Visipena 11(2):266–80.

Nurhidin, Edi. 2017. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah.” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1(1).

Parnawi, Afi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish.

Rosa, Mita Amalia, and Iman Pasu Marganda Hadiarto Purba. 2021. “Internalisasi Nilai – Nilai Kebhinekaan Anggota Dalam Kegiatan Rutin Forum Kajian Dan Diskusi 17-an Komunitas Gusdurian ‘Gerdu Suroboyo.’” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 10(2):258–73. doi: 10.26740/kmkn.v10n2.p258-273.

Rosyad, Ali Miftakhu. 2019. “The Implementasi Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (The Implementation Of Multiculturalism Values Through Learning Of Islamic Religion Education): Multicultural Education And Learning Of Islamic Religious Education.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 5(1, March):1–18.

Suharti, Dwi. 2021. “Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Smk Negeri 1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Studi Penelitian Tindakan Kelas Dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Dan Keterampilan Pada Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah).” PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat 1(1):44–91.

Sunarso, Ali. 2020. “Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budaya Religius.” Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar 10(2):155–69.

Sutiah. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. NLC.

Trinova, Zulvia. 2013. “Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Pada Materi Pendidikan Agama Islam.” Al-Ta Lim Journal 20(1):324–35.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v4i1.24983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats