Pengambilan Keputusan Karir pada Siswa Berprestasi Akademik Kelas XII MAN 2 Pekanbaru

Ira Fathul Jannah, Mhd Subhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siswa berprestasi akademik kelas XII MAN 2 Pekanbaru dalam pengambilan keputusan karir, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan karir siswa berprestasi akademik,  serta untuk mengetahui upaya guru bimbingan konseling dalam pengambilan keputusan karir siswa berprestasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini 1 orang guru bimbingan konseling, 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini siswa berprestasi akademik dalam mengambil keputusan karir dibagi menjadi 2 periode yaitu: periode antisipasi yang mencakup 4 tahapan dan periode implementasi yang mencakup 3 tahapan. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan karir pada siswa berprestasi akademik terdapat 7 faktor internal dan 8 faktor eksternal. Upaya yang dilakukan guru bimbingan dalam pemantapan pengambilan keputusan karir pada siswa berprestasi akademik ialah melakukan penjurusan sejak siswa kelas 10, melaksanakan bimbingan karir kepada siswa, memberikan perhatian khusus terhadap rencana karir siswa berprestasi akademik, dan melakukan evaluasi.


Keywords


pengambilan keputusan karir, siswa berprestasi akademik

Full Text:

PDF

References


Aini, A. Z. (2022). Hasil Wawancara. Sekolah Menengah Atas 12 Pekanbaru, Tidak Diterbitkan.

Azizah, A. N. (2020). Pengaruh Bimbingan Karir Program Proposal Hidup dalam Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(4), 288.

Chairiah, M. N., Rohaeti, E. E., & Fatimah, S. (2020). Pengambilan keputusan karier siswa cerdas istimewa bakat istimewa (CIBI). FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(2), 72–79.

Fadilla, P. F., & Abdullah, S. M. (2019). Faktor Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMA Ditinjau Dari Social Cognitive Theory. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 8(2), 109.

Fakhri, S., & Indraswari, C. (2020). Studi antara efikasi diri dan minat karir terhadap efektivitas bimbingan karir. Jurnal Spirits, 11(1), 65–83. https://doi.org/10.30738/spirits.v11i1.8534

Fikriyani, D. N., & Herdi, H. (2021). Perencanaan program bimbingan karir dalam meningkatkan eksplorasi karir siswa. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1-14.

Hartono. (2009). Efektifitas Bimbingan Karier Berbantuan Komputer terhadap Kemandirian Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Surabaya. Universitas Negeri Malang.

Masturina, D. (2018). Pengaruh Kompetensi Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perencanaan Karir. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2).

Mudhar, M., & Meiningsih, S. (2018). Informasi Karir Dan Perubahan Minat Karir Pada Siswa Smp Negeri 21 Surabaya. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 9(2), 95-105.

Muhibbinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurjanah, A. S., & Subhan, M. (2020). Kemampuan siswa gifted (berbakat) dalam merencanakan karir di sman plus provinsi riau. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan: JAPKP, 1(2), 120–125.

Rahima, R., & Herlinda, F. (2017). Instrumen BK 1 Teknik Non Tes (Teori dan Praktik). Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Rahman, A., & Khoirunnisa, R. N. (2019). Hubungan antara regulasi emosi dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI SMA Negeri 22 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 6(1), 1-6.

Santrock, J. W. (2002). Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Sharf, R. S. (2012). Theoris of Psychotherapy and Counseling (Fifth Edit). Cengage Learning. https://www.m-culture.go.th/mculture_th/download/king9/Glossary_about_HM_King_Bhumibol_Adulyadej’s_Funeral.pdf

Sari, N. R., & Munawaroh, E. (2021). Hubungan Efikasi Diri Kreatif dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas XII SMK Negeri Se-Semarang Selatan. Empati-Jurnal Bimbing. dan Konseling, 8(1), 110-124.

Sarwandini, S., & Rusmawati, D. (2019). Hubungan antara quality of school life dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Kebumen. Jurnal Empati, 8(1), 117-122.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhertina. (2014). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Pekanbaru: Mutiara Pesisir Sumatra.

Sukmahdinata, N. S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tohirin. (2015). Bimbinan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Triwulandari, S., & Supardi, U. S. (2022). Analisis Inteligensi dan Berpikir Kritis. utile: Jurnal Kependidikan, 8(1), 50-61.

Winkel, W., & Hastuti, M. S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v4i1.24975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats