Penerapan Manajemen Kurikulum 2013 pada SMP Al-Azhar 37 Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang penerapan manajemen kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informen kunci yaitu waka kurikulum, dan informan pendukung kepala sekolah dan guru yang mengajar di SMP Al-azhar 37 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi serta observasi. Hasil penelitian menunjukan kurikulum 2013 di SMP Al-azhar sudah bagus, yang dimana hal tersebut dapat dilihat dari adanya perencanaan terlebih dahulu terhadap penerapan manajemen kirikulum 2013 di smp al-azhar 37 Pekanbaru kemudian bagaimana kesiapan sekolah untuk dapat menerapkan pemebalajaran berdasarkan kurikulum 2013 mulai dari segi sarana dan parasaran sekolah, bagaimana proses pembelajaran yang akan diterapkan, kesiapan dan kemampuan guru dan karyawan dalam penerapan kurikulum 2013 hal ini buktikan dengan diadakannya workshop terelebih dahulu terhadap guru dan karyawan. Untuk pengelolaan manajemen kurikulum 2013 di SMP al-azhar 37 Pekanbaru di koordinir oleh waka kurikulum namun untuk pengelolaan dan pelaksanaannya semua pihak sekolah bekerja sama untuk mewujudkan manajemen kurikulum yang dapat mengemabangakan dan meningkatkan kualitas dari SMP Al-azhar 37 Pekanbaru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahima, R., & Herlinda, F. (2017). Instrumen BK 1 Teknik Non Tes (Teori dan Praktik). Pekanbaru: Cahaya Firdaus.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmahdinata, N. S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v4i2.20536
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.