Pengaruh Pelaksanaan Manajemen Konflik Terhadap Iklim Organisasi di Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Siak Hulu

Rizki Adinda Putri, Syaifuddin Syaifuddin

Abstract


Iklim organisasi hal yang perlu menjadi perhatian bagi seorang pemimpin organisasi, karena dapat mempengaruhi keefektivitasan kinerja karyawannya. karena iklim organisasi yang mempengaruhi kinerja dan perilaku anggota organisasi, maka diperlukan pemimpin yang profesional dalam memimpin organisasi khususnya memecahkan masalah atau konflik yang terjadi dalam organisasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan manajemen konflik terhadap iklim organisasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu. Metode penelitan yang digunakan adalah kuantitatif. Tempat penelitian di SMP Negeri 1 Siak Hulu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui korelasi pengaruh pelaksanaan manajemen konflik terhadap iklim organisasi, data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment Persont. Hasil dari penelitian yang dilakukan dari Pengaruh Pelaksanaan Manajemen Konflik terhadap Iklim Organisasi yaitu 0,511 terletak antara 0,400- 0,700 yangg berarti korelasinya sedang atau cukup.

Keywords


iklim organisasi, manajemen konflik

References


Hartono. (2009). SPSS 16.0 Analisis data Statistik dan Penelitian. Pustaka Pelajar.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahyudi. (2017). Manajemen Konflik dan Stres Dalam Organisasi Pedoman Praktis Bagi Pemimpin Visioner. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v4i2.19554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats