Hubungan antara Gender dengan Kesiapan Belajar tatap muka pada Masa Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gender dengan kesiapan belajar tatap muka pada masa Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Penarikan sampel menggunakan teknik quota sampling dari kelas X IPA 1 dan X IPS 4 yang berjumlah 64 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS Versi 23 for windows. Hasil menunjukan adanya hubungan yang positif antara gender dengan kesiapan belajar dengan nilai koefisien korelasi yaitu sebesar 0,386 dengan df 62 pada tabel nilai “r” Product Moment taraf signifikan 5% yaitu 0,246. Hal ini menunjukkan bahwa 0,386 > 0,246 maka hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara gender dengan kesiapan belajar tatap muka pada masa Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Koefisien korelasi 0,386 dikonsultasikan dengan tabel interpretasi “r” product moment terletak diantara 0,200–0,400 yaitu tergolong pada tingkat interpretasi lemah atau rendah. Kualitas kesiapan belajar dipengaruhi oleh gender sebesar 14% sedangkan sisanya 86% ditentukan oleh faktor lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Santrock, J. (2003). Perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryadi, A. (2010). Permasalahan dan alternatif kebijakan peningkatan relevansi pendidikan (Studi relevansi pendidikan kerjasama UPI dengan balitbang Kemendiknas. In Makalah Seminar Internasional Luar Sekolah
UNESCO (2003). Education for Sustainable Development. [Online] http://portal.unesco.org/education/en/
Unterhalter, E. (2005). Global inequality, capabilities, social justice: The millennium development goal for gender equality in education. International journal of educational development, 25(2), 111-122.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v4i2.19430
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.