Pengaruh Layanan Administrasi Sekolah terhadap Kepuasan Siswa di SMP Muhammadiyah II Pekanbaru

Mardiana Mardiana, Afriza Afriza

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh layanan administrasi sekolah terhadap kepuasan siswa di SMP muhammadiyah II Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik penelitian analisis regresi linier sederhana yang mengkaji tentang pengaruh layanan administrasi sekolah (X) terhadap kepuasan siswa (Y) di SMP muhammadiyah II Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini berjumlah 192 siswa dengan sampel 66 orang siswa, menggunakan teknik Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam pengambilan data penelitian berupa angket sebanyak 15 item untuk variabel X dan 15 item untuk vaeiabel Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan layanan administrasi sekolah terhadap kepuasan siswa di SMP muhammadiyah II Pekanbaru dengan taraf signifikan 5% yaitu 0,3610 (0,846 > 0,3610). Dan hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,807. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 71,5%. Sedangkan sisanya 28,5% (100%-71,5%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sekolah diharapkan agar selalu melakukan evaluasi berkelanjutan untuk dapat meningkatkan kepuasan siswa di sekolah.


Keywords


layanan administrasi, kepuasan siswa

Full Text:

PDF

References


Hartono. (2009). SPSS 16.0 Analisis data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasbi, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di MTs Negeri 1 Model Palembang. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 87–109. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.31-05

Muhyadi. (2013). Kualifikasi dan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kependidikan, 43(1), 39–50.

Muspawi, M., & Robi’ah, H. (2020). Realisasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 232–239. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p232

Sopiatin, P. (2010). Manajemen Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zakhiroh, R. (2013). Pengaruh Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Non Akademik. Didaktika, 19(2), 59–70.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v4i2.18930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats