Sistem Evaluasi Kinerja Guru di MAN 3 Kerinci dalam Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Masa Pandemi Covid-19

Syahrudin Syahrudin, Mhmd Habibi, Dandi Pranata, Muhammad Ilham

Abstract


Di tengah munculnya pandemi Covid-19 khususnya di Indonesia yang mengakibatkan terganggunya beberapa kegiatan khususnya proses belajar mengajar yang kemudian diputuskan untuk dilaksanakan secara online agar pembelajaran tetap dapat dilakukan. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kerinci yang merupakan salah satu sekolah yang juga menerapkan sistem pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem evaluasi seperti apa yang diterapkan di MAN 3 Kerinci pada masa tanggap darurat Covid-19. Aspek yang akan diteliti adalah dari model evaluasi yang digunakan, indikator penilaian, sistem evaluasi yang digunakan dan kendala yang ditemukan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa model evaluasi yang digunakan dari evaluasi konteks, evaluasi masukan, evaluasi proses dan evaluasi hasil sudah berjalan sesuai dengan teori. Begitu juga dengan indikator penilaian yang dijadikan sebagai tolak ukur juga sesuai dengan konsep yang ada. Sistem evaluasi dilaksanakan dengan menggunakan sistem online melalui media komunikasi WhatsApp. Dan ditinjau dari sisi kendala hanya ditemukan Adaya keterbatasan kuota internet karena tidak hanya kegiatan evaluasi yang membutuhkan kuota internet tetapi juga proses monitoring dan lain sebagainya

Keywords


Analisis sistem evaluasi; kinerja guru; Remote Learning; pandemic covid-19

Full Text:

PDF

References


Ananda, R,. & Rafida, T. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. (Medan, Perdana Publishing: 2017), h. 42.

Ananda, R., & Rosnita. Evaluasi Pembelajaran, (Bandung, Citapustaka Media: 2015), Cetke-2, h. 4.

Bagnall, R. G. (1989). Educational distance from the perspective of self-direction: An analysis. Open Learning, 4 (1), 21-26.

Darmalaksana, W. (2020). Corona Hadis. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Harjanto, T., & Sumunanr, D. S. E. W. (2018). Tantangan dan Peluang Pembelajaran dalam Jaringan: Studi Kasus Implementasi Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal keperawatan Respati Yogyakarta, 5, 24-28.

He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Onlin IS Education for the 21st Century. Journal of Information Systems Education.

Irianto, & Subandi. (2015). Studi Fenomenologis Kebahagiaan Guru di Papua. Gadjah Mada Journal of Psychology, 1(3), 140–166. https://doi.org/10.22146/gamajop.8812

Jamaludin, D., dkk. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan solusi dan proyeksi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Diakses melalui https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid-19/

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.

Mahase, E. (2020). Coronavirus: covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate. The BMJ.

Mamluah, S. K., & Maulidi, A., (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 896-877. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800

Mitrani. Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Kompetensi. (Jakarta, Pustaka Utama Grafiti: 1995), h. 131.

Moore, M. B. (1990). Recent contribution to the theory of distance education. Open Learning, 5 (3). 10-15.

Panigrahi, R., Srivastava, P. R., & Sharma, D. (2018). Online learning: Adoption, continuance, and learning outcome A review of literature. International Journal of Information Management.

Pidrta, M.mahas Manajemen Pendidikan Indonesia, (Jakarta, Rineka Cipta: 2004), Cet ke-2, h. 135.

Prawiyogi, A. G., dkk, (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101. DOI: https://doi.org/10.21009/JPD.011.10

Shi, H. H., Jiang, N., Cao, Y., Alwalid, O., Gu, J., Fan, Y., & Zheng, C. (2020). Radiological findings from 81 patients with COVID-19 pnewmonia in wuhan, China: a descriptive study. The Lancet Infectious Dieseases.

Smith, A. W., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2919-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine.

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neil, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Aghad, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery.

Willig, C. (2013). Introducting Qualitative Research in psychology (3rd ed.). McGraw-Hill Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v2i2.14759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics