Keterampilan Tenaga Administrasi Sekolah dalam Penerapan Sistem Informasi Manajemen
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Keterampilan Tenaga Administrasi Sekolah dalam Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Subyek penelitian adalah tenaga administrasi sekolah dan obyeknya adalah sistem manajemen informasi.Adapun informan penelitian ini adalah 3 orang tenaga admisitrasi sekolah, 1 orang kepala sekolah dan 1 orang kepala tata usaha. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan tenaga admistrasi dalam penerapan sistem manajemen Informasi SMA 4 Pekanbaru berada pada kategori baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil observasi sebesar 68% dari rentang 56%-75%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mcleod, R. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Muallim. (2019). Masalah-masalah dalam administrasi pendidikan. Kaddu.Id.
Siregar, R. (2019). Implementasi sistem informasi manajemen dalam pengambilan keputusan bagi pemimpin untuk meningkatkan mutu pendidikan di yayasan universitas labuhanbatu. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Sohiron. (2015). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taufiq, R. (2013). Sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ushansyah. (2017). Pentingnya administrasi sekolah. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No.27 April 2017, 15(27), 13–22.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v2i2.13966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.