Implementasi Tugas Kepala Tenaga Administrasi Sekolah dalam Pengarsipan di Sekolah Menengah Atas Negeri Tuah Kemuning

Musnika Musnika, Zamsiswaya Zamsiswaya

Abstract


Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui Implementasi Tugas Kepala Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Pengarsipan Di Sekolah Menengah Atas Negeri Tuah Kemuning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah  bagaimana Implementsi Tugas Kepala Tenaga Administrasi Sekolah Di Sekolah Menengah Atas Negeri Tuah Kemuning­­­­­­­­­­, dan apa faktor pendukung serta penghambat dalam  Implementasi Tugas  Kepala Tenaga Administrasi Sekolah dalam Pengarsipan di Sekolah Menengah Atas Negeri Tuah Kemuning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara, informan dalam Penelitian ini terdiri atas informan utama  dan informan tambahan informan utama yakini kepala Sekolah  dan informan tambahan adalah kepala Tenaga Administrasi sekolah dan Staf Tenaga Administrasi sekolah: Berdasarkan hasil dalam  penelitian Implementasi Tugas Kepala Tenaga Administrasi Sekolah Dalam  Pengarsipan Di Sekolah Menengah Atas Negeri Tuah Kemuning masih adanya faktor penghambat yang dijumpai, hal ini di Karenakan ada nya hambatan dalam hal komitmen serta perlunya penambahan anggota pada Staf Tenega Administrasi Sekolah dan peremajaan pada inventaris. Sedangkan dalam hal faktor yang mempengaruhi Implementasi Tugas Kepala Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Pengarsipan Di Sekolah Menengah Atas Negeri Tuah Kemuning yaitu adanya beberapa faktor. Faktor personal, karakteristik pekerjaan, karakteristik struktural, pengalaman kerja. Sementara itu faktor pengahambatnya adalah kurangnya pemahaman tenega administrasi sekolah terhadap tujuan dan visi misi sekolah.


Keywords


Implementasi, Tugas, Tenaga Administrasi Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2018). Pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik di SMPN 2 Paciran. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Asmani, J. M. (2011). Tips Praktis Membangun dan Mengolah Administrasi Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Efendy, J., & Isnaini. (2013). Analisis kinerja pegawai dalam pengelolaan surat menyurat sesuai tata naskah dinas studi pada sekretariat kantor camat sunggal kabupaten deli serdang. Jurnal Administrasi Publik ( Public Administration Journal ), 1(2), 162–180.

Lestari, A. (2016). Pengaruh kepemimpinan partisipatif dan komitmen organisasi terhadap efektifitas implementasi rencana stratejik pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 23(1), 114–129. https://doi.org/10.17509/jap.v23i1.5580

Nasution, S. A. (2019). Faktor–faktor yang memengaruhi komitmen afektif organisasi pegawai dinas kesehatan. Jurnal Penelitian Kesmasy, 2(1), 7–14.

Nurussalami. (2020). Kompetensi kepala tata usaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pendidikan. Jurnal Intelektualita, Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry Vol., 8(2), 110–124.

Purwanto, M. N. (2015). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohmat. (2010). Kepemimpinan Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press.

Soedjito, & TW, S. (2004). Surat-menyurat resmi bahasa indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriadi, O. (2010). Pengantar manajemen pendidikan. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Yatimah, D. (2009). Kesekretarisan Modern dan Administrasi Perkantoran. Bandung: Pustaka Setia.

Zakhiroh, R. (2013). Pengaruh kinerja tenaga administrasi sekolah terhadap kualitas layanan administrasi non akademik. Didaktika, 19(2), 59–70.

Zuraidah, I. (2018). Pengaruh kepuasan kerja dan komunikasi terhadap komitmenkaryawan di ud. Jati diri kabupaten pamekasan. Ekomadania, 1(2), 192–204.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v2i2.13952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics