Employability Skills Siswa Dalam Perencanaan Karir siswa Kelas Xii Di Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana Employability Skills siswa dalam perencanaan karir siswa kelas XII di Sekolah SMK Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling, yang terdiri atas lima orang siswa dari kelas XII. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara di analisa dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk narasi untuk memperoleh kesimpulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan employability skills yang dimiliki siswa sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau sudah sangat baik, siswa dapat menguasai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi employability skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brown, D. (2007). Career information, career counseling, and career development. Boston: Pearson Education.
Griffin, P., & Care, E. (2015). Assessment and teaching of 21st century skills methods and approach. Dordrecht: Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_15
Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021
Hanafi, I. (2014). Pendidikan teknik & vokasional: menggali pengalaman sukses institusi bi-national di negeri jiran, dari konsep hingga implementasi. Bandung: Refika Aditama.
Iyer, V. M., & Dave, K. (2015). Industry’s role in employability. Industrial and Commercial Training, 47(3), 151–158. https://doi.org/10.1108/ICT-11-2014-0072
Markes, I. (2006). A review of literature on employability skill needs in engineering. European Journal of Engineering Education, 31(6), 637–650. https://doi.org/10.1080/03043790600911704
Mason, G., Williams, G., & Cranmer, S. (2009). Employability skills initiatives in higher education: What effects do they have on graduate labour market outcomes? Education Economics, 17(1), 1–30. https://doi.org/10.1080/09645290802028315
Mishra, K. (2014). Employability skills that recruiters demand. IUP Journal of Soft Skills, 8(3), 50–55.
Munadi, S., Widarto, Yuniarti, N., Jerusalem, M. A., & Hermansyah. (2018). Employability skills lulusan smk dan relevansinya terhadap kebutuhan dunia kerja. In In Journal of Chemical Information and Modeling. Yogyakarta: UNY Press.
Pujiastuti, E. S., Fitri, S., & Hidayat, D. R. (2020). Pengembangan program bimbingan dan konseling karir sekolah menengah kejuruan model employability skill. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 8–17.
Raybould, J., & Sheedy, V. (2005). Are graduates equipped with the right skills in the employability stakes? Industrial and Commercial Training, 37(5), 259–263. https://doi.org/10.1108/00197850510609694
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunardi, Purnomo, & Sutadji, E. (2016). Pengembangan Employability Skills Siswa Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1391–1398.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v3i2.13847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.