Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Asertif Training untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa

Mel Ulfa Shohila, Riswani Riswani

Abstract


Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kecerdasan emosional siswa sebelum dan sesudah diberikan pelayanan bimbingan kelompok. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design.. Populasi Penelitian ini seluruh siswa kelas IX IPS SMA  Negeri 7 Pekanbaru sebanyak 144 siswa namun penelitian ini dilakukan secara sampel kepada 10 siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional yang rendah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner tes, dan dokumentasi. Uji Validitas data menggunakan SPSS For Windows Release 17.00. adapun untuk Analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon’s, karena datanya berskala ordinal (berjenjang) dan tidak harus berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa kecerdasan emosional siswa sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik Asertif training berada dikategori sedang dengan rata-rata berada pada kategori Low Average (dibawah rata-rata) dengan rata-rata 81,8 dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik Asertif Training kecerdasan emosional mengalami peningkatan berada pada kategori High Average (diatas rata-rata) dengan rata-rata 115,8, maka dapat dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Jadi dapat disimpulkan bimbingan kelompok dengan teknik asertif training efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa yang dilihat dari angka probalita AsyimpSig (2-tailed) 0.005<0.05 sehingga Ha diterima.

 

 


Keywords


Asertif Training, Bimbingan Kelompok, Efektivitas, Kecerdasan Emosional

Full Text:

PDF

References


anisa, Muarif. 2020. “Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Mengurangi Stres Akademik Pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun 2019/2020 Skripsi.”

Azis, Akhmad Rifqi. 2015. “Efektivitas Pelatihan Asertivitas Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 3(2):8–14.

Deswintari, D. 2020. “Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertif Training Untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Peserta Didik Kelas Vii Di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung.”

Hidayatullah, Syaiful. 2020. “Upaya Meningkatkan Asertivitas Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertif Training Pada Siswa Asuh Kelas X DPIB 2 SMK Negeri 1 Sampang.” Nusantara Of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri 7(2):99–105.

Indraswari, Dini Ayu, Moh Irtadji, And Ike Dwiastuti. N.D. “Efektifitas Assertiveness Training Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).” Jurnal Ilmu Perilaku 1:81–97.

Istiadah, Feida Noorlaila. 2015. “Efektivitas Teknik Pelatihan Asertif Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa:(Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMK Assaabiq Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2014/2015).”

Lianasari, Dewi, Muhammad Japar, And Purwati Purwati. 2018. “Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 3(1):6–10.

Maghrobi, A. Busthomi. 2017. “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Assertive Training Untuk Membantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.”

Mawaridz, Ahmad Dimyati, And Tita Rosita. 2019. “Bimbingan Kelompok Untuk Siswa SMP Yang Memiliki Minat Belajar Rendah.” Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 2(4):158–70.

Muthohharoh, Muthohharoh. 2016. “Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa.” Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling 1(2).

Oktava, Muhammad Aditya, Sri Redjeki, And Widya Novi Angga Dewi. N.D. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Batealit.”

Puspawan, Yohanes Eka, And Tritjahjo Danny Soesilo. 2019. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Kristen 1 Salatiga.” Mimbar Ilmu 24(1):83–88.

Sulistyaningsih, Nofi Rini Dyah, And Arum Setiowati. 2019. “Efektivitas Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas Vii Smp Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3(2).

Yulandari, Anita. 2018. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas Xi Ilmu-Ilmu Bahasa (Iib) Man 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019.”




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v3i1.13630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats