Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Menengah Pertama Asshofa Pekanbaru

Rian Hidayat, Afriza Afriza

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional guru di sekolah menengah pertama As Shofa Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang ada di sekolah menengah pertama As Shofa Pekanbaru, sedangkan objek penelitiannya adalah kompetensi profesional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adala observasi, wawancara dan dookumentasi sementara teknik pengolahan data menggunakan kualitatif deskriftif. Penelitian tentang kompetensi profesional guru ini, peneliti mengambil informasi dari guru, kepala sekolah, wakil kurikulum dan peserta didik. Guru di Sekolah Menengah Pertama As Shofa Pekanbaru dalam penguasaan kompetensi profesional secara umum sudah bagus. 24 dari 39 guru sudah memiliki sertifikat guru dan sudah lulus Uji Kompetensi Guru. Guru yang mengajar sudah sesuai dengan standar kualifikasi guru. Pada kategori penguasaan materi dan penyelenggaran pembelajaran yang baik, menurut kepala sekolah dan wakil kurikulum, guru di As Shofa sudah pada kategori baik. Hal ini juga didukung dengan adanya pelatihan yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam rangka peningkatan kualitas guru.


Keywords


Kompetensi Profesional, Guru

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2009). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Aqib, Z. (2009). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Alfabeta.

Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Barnawi, & Arifin, M. (2015). Teori dan Praktik Pengajaran yang Efektif & Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Djiwandono, S. E. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Fahmi. (2013). Kemampuan Penguasaan Materi Pelajaran Guru SMA/MA Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Rendah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(2), 189–205. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i2.276

Kunandar. (2008). Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Marjuni, A. (2016). Tanggung Jawab Guru Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional. Inspiratif Pendidikan, 5(1), 116–126.

Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Sagala, S. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadie, D., & Darmawan, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v4i1.13528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats