Gaya Manahemen Konflik dalam Pemecahan Konflik Interpersonal Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru

Rani Wahyuni, Umar Faruq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gaya manajemen konflik dalam pemecahan konflik interpersonal tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. (2) Faktor penghambat dalam pemecahan konflik interpersonal tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru.Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan para guru Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru yang berjumlah tiga orang, sedangkan objek penelitian ini adalah gaya manajemen konflik dan faktor penghambat dalam pemecahan konflik interpersonal tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya manajemen konflik dalam pemecahan konflik interpersonal tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru adalahdengan  tiga gaya yaitu: (a) memakai setrategi kolaborasi, (b) memakai strategi akomodasi, dan (c) memakai strategi kompromi. (2) Faktor penghambat dalam pemecahaan Konflik Interpersonal Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru: (a) tidak adanya keterbukaan konflik, (b)  dan kesalahpahaman karena kesalahan komunikasi.


Keywords


Gaya Manajemen Konflik, Konflik Interpersonal TenagaPendidik

Full Text:

PDF

References


Anwar, K. (2018). Urgensi penerapan manajemen konflik dalam organisasi pendidikan. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 31–38.

Ekawarna. (2018). Manajemen Konflik dan Stres. Jakarta: Bumi Aksara.

Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Puspita, W. (2018). Manajemen Konflik: Suatu Pendekatan Psikologi, Komunikasi, dan Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, D. (2009). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Tambunan, A. M., A.Y, M. H., & Degeng, I. N. S. (2017). Strategi kepala sekolah dalam mengelola konflik menyikapi dampak negatif penerapan full day school. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 848–852.

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v4i1.13054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats