Implementasi Teknik Role Playing dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Implementasi Teknik Role Playing Dalam Layanan Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar Di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru (2) Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Teknik Role Playing Dalam Layanan Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar Di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Informan penelitian adalah Satu orang guru BK dan Enam orang siswa yang telah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru BK telah melaksanakan layanan bimbingan kelompok sesuai dengan prosedur layanan bimbingan kelompok dan Guru BK memberikan role playing yang sesuai dengan materi permasalahan yang ada. Implementasi teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok sudah pernah dilakukan sesuai dengan tahap-tahap yang sudah ditentukan, Guru BK menggunakan teknik role playing untuk menggali pengalaman siswa, dan pemahaman siswa. Sedangkan faktor pendukung dan penghambatnya yaitu: (1) faktor pendukungnya adalah anggota kelompok merasa nyaman dan terbuka dalam pelaksanaan kegiatan. Serta fasilitas-fasilitas yang sudah memadai. (2) Faktor penghambatnya adalah yaitu kurangnya waktu jam BK disekolah yang menyebabkan materi layanan bimbingan kelompok tidak tersampaikan dengan secara satu kali pertemuan sehingga kurang maksimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrida, L. (2012). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Layanan Konseling Perorangan Terhadap Kedisiplinan Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kecamatan Xiii Koto Kampar Kabupaten Kampar. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Danim, S., & Khairil. (2010). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Kumalasari, D. (2017). Konsep Behavioral Therapy Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Terisolir. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 15–24. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-02
Latipun. (2003). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Universitas Negeri Padang.
Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya terhadap Self-Esteem Siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 1, 301–310.
Rahima, R., & Herlinda, F. (2017). Instrumen BK 1 Teknik Non Tes (Teori dan Praktik). Pekanbaru: Cahaya Firdaus.
Sanyata, S. (2010). Teknik dan srategi konseling kelompok. Paradigma, 5(9), 105–120.
Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh penerapan layanan bimbingan kelompok teknik role-playing terhadap perilaku solidaritas siswa dalam menolong teman di SMA Negeri 1 Rantau Utara T.A 2014/2015. Jurnal EduTech, 1(1), 1–12.
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmahdinata, N. S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wicaksono, G., & Naqiyah, N. (2013). Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Multimedia Smk Ikip Surabaya. Journal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1(1), 61–78.
Winkel, W. ., & Hastuti, M. . S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.
Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, Xi, Dan Xii Di Sma Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19987
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v2i1.12448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.