Efektivitas Layanan Konseling Individual dalam meningkatkan Self Control Siswa Agresif Negatif

Siti Salma Susi Santi, Tohirin Tohirin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design dengan jenis One Group Pre-test Post-test Disign. bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan konseling individual dalam meningkatkan self control siswa agresif negatif dan mengetahui self control siswa agresif negatif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Reteh Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMP Negeri 1 Reteh Kabupaten Indragiri Hilir, dengan populasi sebanyak 30 siswa. Jumlah Subjek penelitian ini adalah siswa agresif negatif yang berjumlah 10 orang siswa yang merupakan penelitian sampel dengan mengambil sebagian dari populasi sebagai subjek penelitian. Instrument yang digunakan skala likert. Uji validitas menggunakan SPSS Versi 17. Analisis data, peneliti menggunakan uji Wilcoxon’s (Signed Ranks Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self control siswa sebelum diberikan layanan konseling individual berada pada kategori sedang dengan rata-rata 57.8 dan setelah diberikan layanan konseling individual tentang self control siswa mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 80.1, Jadi dapat disimpulkan layanan konseling individual efektif untuk meningkatkan self control siswa agresif negatif yang dilihat dari hasil analisis data 0.005 < 0.05, sehingga Ho ditolak.


Keywords


Efektifitas, Konseling Individual, Self Control Siswa Agresif Negatif

Full Text:

PDF

References


Amin, S. M. (2010). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Aqib, Z. (2012). Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah . Bandung: Yrama Widya.

Asmani, J. M. (2010). Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

AT, A. M. (2006). Kamus Istilah Konseling dan Terapi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hartono, J. (2008). Teori Porfolio dan Analisis Investasi. Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.

Majid, A. N. (2012). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Prograstinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa FTIK. jurusan PAI A ankatan 2012 IAIN Salatiga , http://erepositori.perpus.iainsalatiga.ac.id/1636/1/ahklis 1.pdf.

Nurihsan, A. J. (2009). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

Pradina, T. (2017). Hubungan Antara Pengendalian Diri(self control) dengan Kematangan Emosi . Siswa Kelas XI di SMK Pelayaran Hangtuah Kediri , Sim.ki.unp kediri.ac.id/mahasiswa/file-artikel/2017/12.1.01.0029.pdf.

Rahman, A. A. (2013). Psikogi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Ridwan. (2008). Penanganan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suryatri. (2015). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresif Remaja. Skripsi Psikologi UIN Suska , repository.uin-suska.ac.id.

Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v4i1.12108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats