Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri

Hety Purnamasari, Suhertina Suhertina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain the one group pretest-postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Sedangkan Objek penelitian ini adalah efektivitas teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 siswa yang memiliki penyesuaian diri yang diambil melalui teknik Purposive Sampling. Instrument penelitian ini dibuat dengan skala likert dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS For Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyesuaian diri siswa sebelum diberikan perlakuan dalam konseling kelompok dengan teknik sosiodrama pada kategori rendah dengan rata-rata 52 dan setelah diberikan perlakuan dengan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 88.12. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya teknik assertive training dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa dilihat dari hasil analisis data bahwa Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.012 jika dibandingkan dengan signifikasi 5% maka 0.012 < 0.05 sehingga hipotesis alternatif diterima., maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Keywords


Efektivitas, Konseling Kelompok, Teknik Assertive Training, Penyesuaian Diri

Full Text:

PDF

References


Choirudin, M. (2015). Penyesuaian Diri: Sebagai Upaya Mencapai Kesejahteraan Jiwa. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 12(1), 1–20.

Lestari, D. S. (2016). Penyesuaian sosial pada mahasiswa tuli. Inklusi: Journal of Disability Studies, 3(1), 103–134.

Mahardhani, A. J., & KP, M. (2020). Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(2), 65–76.

Piran, A. Y. A., Yuliwar, R., & Ka’arayeno, A. J. (2017). Hubungan antara penerimaan diri dengan kepercayaan diri dalam interaksi sosial pada remaja penyandang cacat fisik di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kecamatan Sukun Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(1).

Purnamasari, H. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Putri, E. I. E. (2017). Bimbingan Konseling Gugus dan Pendidikan Ke-Orangtua-an. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 1(1), 113–123.

Rahayu, A. (2018). Hubungan dukungan sosial dan konsep diri dengan penyesuaian diri remaja kelas X SMA Angkasa I Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 75–81.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish.

Savitri, F. A., & Setiawan, D. (2018). Pengembangan Buku Menggambar Ilustrasi. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1).

Tanis, H. (2013). Pentingnya pendidikan character building dalam membentuk kepribadian mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1212–1219.

Tanjung, A. J. (2021). IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS 10 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Yunus, M. S. (2017). PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL TEHRAPY UNTUK MENGURANGI PERILAKU HEDONISME (Penelitian pada Mahasiswa akuntansi angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Magelang Kota Magelang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v3i2.11506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats