Strategi Musyrif Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan dan Kemandirian Siswa Boarding School (Studi Kasus di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School, Sidoarjo)
Abstract
Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi Musyrif dalam membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian siswa Boarding School. Penelitian ini mengambil studi kasus di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School (ICMBS), Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan in-depth interview dengan key informant: Supervisor Asrama SMA ICMBS, Musyrif, siswa, dan Alumni. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikonklusikan: (1) Strategi Musyrif dalam membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian terbagi dua yaitu internal dan eksternal. (2) Strategi internal meliputi enam tahapan yaitu: perencanaan, pengenalan, pelaksanaan, pengawasan, reward and punishment, dan evaluasi. Perencanaan diintegrasikan melalui organizing divisi kepengurusan asrama. Pengenalan diintegrasikan melalui pembelajaran diniyah, Taujihat Wal Irsyadat, pendidikan keorganisasian, dan keteladanan. Pelaksanaan di integrasikan melalui kegiatan Organisasi Asrama Santri, multi activities, dan kedisiplinan. Pengawasan diimplementasikan oleh seluruh komponen lembaga pedidikan. Reward and punishment diintegrasikan sesuai prinsip dan ketetapan yang berlaku. Evaluasi diintegrasikan melalui rapat Musyrif, Musyrif dengan siswa, dan ujian diniyah. (3) Strategi eksternal meliputi pengenalan, pengawasan, dan evaluasi yang diintegrasikan melalui komunikasi aktif dengan orang tua wali baik dalam bentuk formal maupun nonformal.
Full Text:
PDFReferences
Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial: Teori Konsep Dasar Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Farhatunnafsiyah, S., & Widayat, I. W. (2017). Strategi pembentukan karakter kepemimpinan di pesantren tebuireng. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 6(3).
Farida Galela. (2012). Pendidikan Pola Asrama dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Pesantren Hidayatullah Fakfak. UIN Alauddin Makassar.
Irawan, A. (2017). Pendidikan Karakter; Pengertian, Prinsip Dan Relevansinya Dengan Ilmu Sosial. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Khotimah, A. khusnul. (2017). Pengaruh Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Kesadaran Sholat Lima Waktu Siswa MI Safinda Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).
Laksana, S. D. (2019). Pendidikan Kreatif Berbasis Nilai-Nilai Islam Melalui Public Literacy. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 205–215.
Mahfud. (2016). Berpikir Dalam Belajar; Membentuk Karakter Kreatif Peserta Didik. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1(1).
Meutia, I., Mulkan, M., & Kurnisar. (2016). Pengaruh Kegiatan Anggota Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Sikap Kepemimpinan Siswa Di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Bhinekka Tunggal Ika, 3(1), 65–70.
Ministry of Education and Culture. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.
Mudjiran, Hermaleni, & Zamzami. (2016). Perbedaan Kompetensi Sosial Siswa Boarding School Dan Siswa Sekolah Umum Reguler. Jurnal Rap Unp, 7(1), 90–98.
Muhaemah, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Di RA Daarul Muqimien Buaran Jati Sukadiri Tangerang. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. IJTIMAIYAH, 1(2), 1–18.
Nugraheny, D. E. (2020). Permakelaran PAW: Kecurigaan Wahyu Setiawan, Pengakuan Ketua KPU, Bantahan PDI. Retrieved January 18, 2020, from kompas.com website: https://nasional.kompas.com/read/2020/01/17/08384481/permakelaran-paw-kecurigaan-wahyu-setiawan-pengakuan-ketua-kpu-bantahan-pdi?page=all
Pala, A. (2011). The Need For Character Education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 3(2).
Pelaksanaan Program Boarding School Dalam Pembinaan Moral Siswa di Sma Taruna Indonesia Palembang. (2014). Ta’dib.
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri ‘X.’ Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jptt.v7n1
Priyadi, U., Prabowo, W. A., & Sari, D. M. (2013). Membangun Kepercayaan Diri Anak Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Persiapkan Generasi Berkarakter. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 88–93.
Rachman, D. A. (2019). Perjalanan Kasus Romahurmuziy Dari OTT Hingga Penggeledahan Ruang Kerja. Retrieved January 18, 2020, from kompas.com website: https://nasional.kompas.com/read/2019/03/20/06580731/perjalanan-kasus-romahurmuziy-dari-ott-hingga-penggeledahan-ruang-kerja?page=all
Ridwan, A. S. Y., & Rusdiana, S. (2018). Kebebasan Memilih Pihak Dalam Kontrak Pada Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Sewa Menyewa Kamar Tinggal. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum. https://doi.org/10.20885/iustum.vol25.iss1.art6
Rina, L. (2019). Student Leadership In School: Internalization of Entrepreneurial Competence and Character. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 21(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/jmk.21.1.1-8
Rivai, V., Bachtiar, & Amar, B. R. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rizkiani, A. (2012). Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik ( Penelitian di Ma ’ Had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut ). Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. KORDINAT, 16(1), 16–46.
Suprawito. (2010). No TitleBoarding School Dalam Nation And Character Building Praja. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2).
Susiyani, A. S. (2017). Manajemen Boarding School dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-08
Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMK Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 35(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p54-61
Umiarso, & Baharuddin. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam: Antara Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Utaminingsih, S., Utomo, S., & Zamroni, E. (2017). Strengthening of Indonesian Islamic Character Though Islamic Education Management Based of Soft Skills. ADDIN. https://doi.org/10.21043/addin.v11i1.2033
Wahyudin, Y., & Mahipal. (2018). Pendidikan Kepemimpinan dan Pembinaan Karakter. Jurnal Cendekia Ihya, 1(1), 33–40.
Wijaya, Andi, M., Wahidin, U., & Maulida, A. (2018). Upaya Musyrif Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim: Studi Kasus Pada Santri Ma’had Huda Islami Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2018-2019. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam.
Zainiyati, H. salamah. (2010). Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori Dan Praktek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Putra Media Nusantara Surabaya & IAIN PRESS Sunan Ampel.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i2.9632
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Islamic Educational Management
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.