PENERAPAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN KAMPAR

M. Mardalisnar, Muslim Affandi, I. Univsritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract


Manajemen yang diterapkan  Nabi  Muhammad SAW memang tidak secanggih manajemen modern, tapi sejarah membuktikan bahwa manajemen yang beliau terapkan itu sangat efektif. M. Ahmad Abdul Jawwad,  mengemukakan bahwa  terdapat  enam  rahasia  keunggulan manajemen Rasulullah, yaitu:1) kemampuan memotivasi tim, 2) simple dalam  memotivasi, 3) kemampuan  berkomunikasi, 4) kemampuan mendelegasikan dan membagi tugas, 5) efektif dalam memimpin rapat, dan 6) kemampuan mengontrol dan mengevaluasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen peningkatan mutu di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kampar” Rumusan Masalah yang diajukan adalah: 1) Bagaimana Penerapan Manajemen peningkatan mutu di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kampar? 2) Apa sajakah faktor yang menunjang Penerapan Manajemen peningkatan mutu di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kampar? 3) Apa sajakah faktor yang menghambat Penerapan Manajemen peningkatan mutu di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kampar? Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi dilakukan secara kritis. Dengan menggunakan teknik deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan maupun mengklasifikasikan data dan kemudian disusul interpretasi terhadap hasil pemikiran.

Hasil penelitian yang dapat penulis identifikasi adalah;  Pertama,  Untuk tercapainya peningkatan mutu pendidikan dan layanan yang cepat, tepat dan efesien perlu terus diusahakan adanya keteladanan, kesadaran dan  kerjasama  yang baik  dari  masing-masing  jajaran  MAN se-Kabupaten kampa, bahwa apapun yang ada di MAN se-Kabupaten kampar harus menjadi yang terbaik,  sebagai manajer kepala MAN Negeri di Kabupaten Kampar telah mampu dalam meningkatkan kompetensi guru di lingkungan MAN mampu mengelola lembaga pendidikan tersebut sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. sebagai leader/ pemimpin, kepemimpinan kepala MAN menjadi teladan bagi warga MAN dan mampu menggerakkan warga MAN dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan pendidikan Kedua, Faktor yang menunjang Penerapan Manajemen peningkatan mutu di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kampar program  peningkatan  kualifikasi guru, peningkatan personil madrasah secara moril atau dalam hal keagamaan, kekeluargaan antara guru dan masyarakat sekitar yang erat, serta sumbangsih masyarakat sekitar madrasah dalam meningkatkan kualitas madrasah secara menyeluruh. Sedangkan faktor  penghambat dalam mencapai keberhasilan kompetensi guru di lingkungan MAN Negeri di Kabupaten Kampar tersebut tidak ada karena sarana prasarana untuk peningkatan bakat siswa, sumber daya manusia atau guru sudah lengkap.

Full Text:

PDF

References


Badudu dkk. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Basyiruddin Usman. 2002. Media pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Behling dkk. 1984. dalam materi pelatihan keterampilan manajerial SPMK. Tersedia:HTTP//kmpk.ugm.ac.id./data/SPMKK/5a-KEPEMIMPINAN (revDes’02)

Dzauzak Ahmad. 1999. Penunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

E. Mulyasa.2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Menyukseskan MBS dan KBK (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

George R. Terry dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, Terj. G.A Ticoalu. Cet

Husbullah. 2006. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Lukman ali. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Masri Singarimbun. 1989. et al. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

M.N Nasution. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muhaimin dkk. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moh. Nasir. 1988. Metode Penelitian. Gramedia Indonesia.

Nurhasan. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Kurikulum untuk Abad

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: TERAS.

Sutrisno, Hadi. Metode Research II. Yogyakarta: Andi Offet.

Syafarudin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v2i2.7933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats