Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam
Abstract
Supervisi pendidikan atau yang lebih dikenal dengan pengawasan pendidikan memiliki konsep dasar yang saling berhubungan dengan pendidikan. Dalam konsep dasar supervisi pendidikan dijelaskan beberapa dasar-dasar tentang konsep supervisi. Sementara proses pelaksanaan supervisi merupakan rangkaian yang dilaksanakan ketika supervisi dilaksanakan dan upaya yang dilakukan oleh supervisor dalam melihat dan membina seluruh proses pelaksanaan pendidikan.
Dalam perkembangannya, supervisi pendidikan memberikan pengaruh yang baik pada perkembangan pendidikan khususnya di Indonesia, terutama pendidikan Islam sehingga tingkat profesionalisme guru dalam mengajar dilakukan dengan baik, baik pada madrasah maupun guru pendidikan agama pada sekolah. Oleh karena itu, supervisi diperlukan dalam proses pendidikan berdasarkan dua hal penting. Pertama, perkembangan kurikulum yang merupakan gejala kemajuan pendidikan. Perkembangan tersebut sering menimbulkan perubahan-perubahan struktur maupun fungsi kurikulum. Oleh karenanya pelaksnaan kurikulum memerlukan penyesuaian terus menerus dangan keadaaan nyata dilapangan. Kedua, pengembangan personel, pegawai, atau karyawan senantiasa merupakan upaya yang terusmenerus dalam suatu organisasi. Jurnal ini membahas hakikat supervisi pendidikan Islam, urgensi supervisi pendidikan Islam, tujuan dan prinsip supervisi pendidikan Islam, serta supervisi dan perubahan pendidikan Islam. Semoga bermanfaat.
Full Text:
PDFReferences
Alquran dan Terjemahnya
Abud, Abd al-Ghani. Fi al-Tarbiyah al-Islamiyah. Mesir: Dar al-Fikr al-Arabi, 1977.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Arikunto, Suharsimi. Organisasi dan Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 1990.
Asnawir, Administrasi Pendidikan. Padang: IAIN “IB” Press, 2005.
Azhari, Ahmad. Supervisi: Rencana Program Pembelajaran. Jakarta: Rian Putra, 2003.
Daryanto, H. M.. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Hamid, Abdul. ed.. Pedoman Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Agama. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI, 2003.
Hasibuan, Melayu S.P. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
Herabudin, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Iis Yeti Suhayati, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru, Pascasarjana UPI Bandung. Jurnal Adminisistrasi Pendidikan Vol.XVII No.1 Oktober 2013.
Kisbiyanto. Supervisi Pendidikan. Kudus: STAIN Kudus, 2008.
Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada, 2009.
Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada, 2009.
Mulyasa, H. E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Nadhirin. Supervisi Pendidikan Integratif Berbasis Budaya. Kudus: STAIN Kudus, 2009.
Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Toko Gunung Agung, 1997.
Oteng, Sutisna. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktik Profesional. Bandung: Angkasa, 1983.
Purwanto, Ngalim. Administrasi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 1998.
Qazwaini, Abu Abdullah Muhammad Ibn Yazid (w. 273 h), Sunan Ibn Mājah. ‘Amman: Bait al-Afkār al-Dauliyah, 1999.
Rifai, Moh. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemmers, 1982.
Sagala, Saiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sagala, Saiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Islamic Educational Management
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.