Pelayanan Kepala Sekolah terhadap Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak
Abstract
Sesuai dengan judul diatas, Pelayanan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Oleh karena itu kepala sekolah dituntut trampil dalam memimpin agar mampu mengambil keputusan dan prakarsa yang tepat untuk meningkatkan layanan Sekolah. Berdasarkan pokok masalah yang penulis ambil yaitu bagaimana Pelayanan kepala sekolah terhadap tenaga pendidik di sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak dan apa Faktor pendukung dan penghambat pelayanan kepala sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Dalam mengumpulkan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi, populasi disini yaitu kepala sekolah Dasar Negeri 01 dan guru-guru berjumlah 31 orang.
Seorang kepala sekolah dikatakan mampu melaksanakan tugasnya sebagai manejer dapat dikategorikan sebagai berikut yaitu Kepala sekolah melayani Tenaga Pendidik/kependidikan dengan sopan dan keramahtamahan, kepala sekolah memberikan kemudahan kepada Tenaga Pendidik/kependidikan dalam memberikan pelayanan, kepala sekolah memberikan kenyamanan dalam melayani Tenaga Pendidik/kependidikan, kepala sekolah menerima dan mempertimbangkan saran yang diberikan Tenaga Pendidik/ kependidikan, kepala sekolah melibatkan Tenaga Pendidik/ kependidikandalam menyusun program sekolah, kepala sekolah melibatkan Tenaga Pendidik/ kependidikan dalam membuat kebijakan sekolah, tenaga Pendidik/ kependidikan merasa puas ketika berurusan dengan kepala sekolah, kepala sekolah berkomunikasi dengan baik dengan Tenaga Pendidik/kependidikan.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwasanya Pelayanan Kepala Sekolah Terhadap Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak dengan porsentase ( 63.35) dengan kategori “mampu” .Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi,Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Sistem, Jakarta: Rineka Cipta, 1998
Barata, Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Jakarta; Rineka Cipta, 2003
Daryanto,H. M., Administrasi Pendidikan. Jakrta: Rineka Cipta, 2006
Faisal, Sanapiah, Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi, Malang: YAI, 1990
Gunawan, Ary,Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Asdi Mahastya, 2002
Kartini, Pengantar Metode Riset Sosial, Bandung; Mandar Maju, 1980
Koentjoroningrat,Metode Penelitian Masyarakat,Jakarta: Gramedia, 1993
Muda, Ahmad A.K., Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: reality Publishen, 2006
Mulyasa, E, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002
-------------,Menjadi Kepala Sekolah Yang Profesional,Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006
-------------, Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
-------------,Metode Penelitian Kualitatif; Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu,Sosial Lainnya, Bandung: Rosda Karya2002
Nasir, Moh,Metode Penelitian.Jakarta: Ghalia, 1988
Nata, Abudin,Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta: Logos,Wacana, 1997
Prayitno, Wawasan Profesional Konseling. Padang: Universitas Negeri Pandang, 2009
Purwanto, Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ruslan, Rosadi,Manajemen Public Relations dan Media komunikasi. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2007
Ridwan, Sakala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008
Sudarwan, Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah. Bumi aksara. 2006
Sagala, Syaiful,Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007
Soemanto, Wasty,Pendidikan Profesi bagi Pemimpin Pendidikan.Surabaya: Effest printing, 1990
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Sistem, Jakarta;RinekaCipta, 1998.
Suhertian, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan raktis, Jakarta: Renika Cipta, 1991
Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v1i2.6650
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Islamic Educational Management
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.