Strategi Holistik Retensi Guru Di Sekolah Islam Terpadu: Studi Kasus SMPIT Al Itqon Bogor
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A. Dzogovic, S., Bajrami, V., & Faculty Of Education, University “Ukshin Hoti”, Prizren, Kosovo. (2023). Qualitative Research Methods In Science And Higher Education. Journal Human Research In Rehabilitation, 13(1), 156–166. Https://Doi.Org/10.21554/Hrr.042318
Alhazmi, A. A., & Kaufmann, A. (2022). Phenomenological Qualitative Methods Applied To The Analysis Of Cross-Cultural Experience In Novel Educational Social Contexts. Frontiers In Psychology, 13, 785134. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2022.785134
Citra, P. N., Yulinda, U. K., & Sukmawati, B. (2023). Strategi guru dalam pengajaran reading comprehension pada siswa disabilitas intelektual di pendidikan luar biasa Universitas PGRI Argopuro Jember. SPEED Journal: Journal of Special Education, 6(2). https://doi.org/10.31537/speed.v6i2.804
Dahar, R. W. (2012). Teori-teori belajar & pembelajaran. Grasindo.
Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). Pengaruh komunikasi interpersonal dan manajemen konflik terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).
Hasibuan, S. J., Kadir, A., & Nasution, M. H. T. (2018). Strategi Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018. Perspektif, 7(1), 1–5. Https://Doi.Org/10.31289/Perspektif.V7i1.2519
Hutami, E. R. (2021). Kendala pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi bagi siswa SD, guru, dan orang tua. Jurnal Wuny, 3(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40706
Juhaidi, A., Mizani, H., & Bahruddin, M. (2023). Strategi fundraising pada pesantren di Kalimantan Selatan. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.4987
Khotijah, I., Kale, S., Mundiarti, V., & Bali, E. B. N. (2020). Peran guru dalam menanamkan kemandirian anak saat belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Early Childhood Education and Development Studies (ECEDS), 7(1).
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2008). Human Resource Management (12th Ed). Thomson/South-Western.
Miftah, M. (2019). Strategi komunikasi efektif dalam pembelajaran. Jurnal Teknodik, 12(2). https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.473
Muh Ibnu Sholeh. (2023). Pengakuan dan reward dalam manajemen SDM untuk meningkatkan motivasi guru. Competitive: Journal of Education, 2(4). https://doi.org/10.58355/competitive.v2i4.41
Pravita Dewi, R. (2018). Strategi guru PPKn dalam menumbuhkan sikap toleransi pada siswa kelas VII di sekolah inklusi SMP Negeri 30 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 6(2).
Purandina, I. P. Y. (2021). Strategi komunikasi interpersonal guru pada pendidikan anak usia dini selama pembelajaran jarak jauh. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.259
Putra, H. E. J., Hermawan, A., Achmadi, H., & Meilani, Y. F. C. P. (2024). Enhancing Teacher Retention Through Teacher Work Engagement And Islamic Moderation (Wasatiah) On Private Islamic School Ahlussunnah Waljama’ah In Indonesia. Pakistan Journal Of Life And Social Sciences (Pjlss), 22(2). Https://Doi.Org/10.57239/Pjlss-2024-22.2.00897
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2021). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis Android. Prosiding Pepadu, 3.
Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan Di Sdn Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, 8(4).
Sun’iyyah, S. L. (2019). Sinergi peran guru dan orang tua dalam mewujudkan keberhasilan pembelajaran PAI tingkat pendidikan dasar era pandemi Covid-19. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, 2.
Widiyarso, T. H., & Sutama. (2021). Efektivitas penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran e-learning bagi guru selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v8i2.37583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Islamic Educational Management
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


.jpg)



