Strategi pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah berbasis lingkungan berkelanjutan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, N. Z., & Pasquire, C. L. (2022). Pemeliharaan Ramah Lingkungan untuk Fasilitas Sekolah Berkelanjutan: Pendekatan Siklus Hidup. Jurnal Produksi Bersih, 3(40).
Amasuomo, E., Baird, G., & Olojede, P. (2023). Manajemen Fasilitas Berkelanjutan di Sekolah: Analisis Biaya-Manfaat Praktik Pemeliharaan Ramah Lingkungan. Keberlanjutan, 15(4).
Azima, N. F. (2021). Pendidikan lingkungan hidup untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan Berkelanjutan, 22(02), 461498.
Bunda, B. (2024). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Perkembangan Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2).
Chen, Y., et al. (2023). Digital Monitoring Systems for Sustainable School Facilities. Building and Environment, 23(4).
Green School Alliance. (2022). Sustainable Infrastructure in Schools: Best Practices.
Jusman, J., Ardi, M., & Rauf, B. (2018). Gambaran Pelaksanaan Program Adiwiyata di SD PertiwiKota Makassar. UNM Environmental Journals, 1(2), 59–66.
Kemdikbud. (2023). Panduan Pemeliharaan Sarana Prasarana Sekolah Berwawasan Lingkungan.
Meilinda, N., & Saputra, A. A. (2025). Strategi Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Proses Pembelajaran Efektif di SMA Muhammadiyah 8 Palembang. JEIT (Journal of Educational Innovations and Technologies), 1(1), 45–53.
Misuari, M. N., Bambang, A. N., & Purwanto, P. (2015). Penerapan Blue Economy untuk Perikanan Berkelanjutan di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Tegal. Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada, 17(1), 35–47.
Moggi, S., Dameri, R. P., & Demartini, P. (2022). Sekolah Ramah Lingkungan dan Keterlibatan Pemangku Kepentingan: Model Pemeliharaan Infrastruktur Berkelanjutan. Jurnal Manajemen Lingkungan, 3(16).
Pelita, A. C., & Widodo, H. (2020). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 145–157.
Putra, A., et al. (2024). Stakeholder Collaboration in Sustainable School Infrastructure Management. Journal of Cleaner Production, 4(3).
Rimbano, D., & Rahma, M. (2019). Kebijakan kurikulum berbasis lingkungan melalui program adiwiyata di sekolah menengah atas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 24(3), 274–287.
Suryadi, F., Pasaribu, M. H., Siahaan, A. D., Sabri, A., & Lubis, Y. (2024). Peran manajemen pendidikan dalam mewujudkan sekolah berkualitas. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(4), 92–107.Ula, K. I., & Rohman, T. (2024). Peran Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif di Lembaga Pendidikan Islam. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 1628–1637.
Tanaka, M., dkk. (2023). Strategi Nol Sampah di Fasilitas Sekolah: Studi Kasus dari Jepang. Pengelolaan Sampah, 15(4), 321-330.
Ula, K. I., & Rohman, T. (2024). Peran Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif di Lembaga Pendidikan Islam. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 1628–1637.
UNESCO. (2021). Education for Sustainable Development: A Roadmap.
UNESCO. (2023). Pendekatan Partisipatif dalam Manajemen Infrastruktur Sekolah Berkelanjutan. Jurnal Internasional Pengembangan Pendidikan, 9(8).
Widyastuti, R., dkk. (2023). Dampak Kebijakan Sekolah Hijau terhadap Efisiensi Pemeliharaan Infrastruktur. Jurnal Administrasi Pendidikan, 61(2).
World Bank. (2023). Community Participation in School Maintenance Programs.
Zhang, L., Chen, Y., & Wang, Q. (2023). Kembaran Digital dan IoT untuk Pemeliharaan Fasilitas Sekolah Cerdas. Otomasi dalam Konstruksi, 14(6).
Zulkifli, R., Ismail, S., & Ahmad, H. (2023). Praktik Pemeliharaan Berkelanjutan di Bangunan Pendidikan: Kerangka Kerja untuk Sekolah Hijau. Bangunan dan Lingkungan, 22(8).
Dwinita, F., Irawandi, N., Saputra, A. A., Islam, M. P., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2025). IJoEd : Indonesian Journal on Education Strategi Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 02 Talang Kelapa Facilities and Infrastructure Management Strategy to Improve the Quality of Education at SD Negeri 02 Talang Kelapa. 1(3), 244–252.
Hayati, R., Sa’idah, S., Zuraini, Halimah, A. H., Talindong, A., Damayanti, N., Ayuni, R., Hadikusumo, R. A., Yusuf, M., Syarifah, T., Budiyono, A. E., & Rifai, A. (2025). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (A. C. Ma’arif (ed.)). PT Sada Kurnia Pustaka. https://lnk.ink/BJlT
Hermawan, D. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana (F. Mafar (ed.); Pertama). Klik Media. https://lnk.ink/k4Rv
Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Pertama). Uwais Inspirasi Indonesia. https://lnk.ink/1TEj
Ylianto, E., Istifadah, HS, D. E. R., Sukataman, Rahma, L., Kasanah, S. U., Fauzi, M. I. F., Anisa, D. L. N., Krismayanti, Y., Imtinan, N. F., & Monady, H. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana (I. Shofi (ed.); Pertama). Pena Cendekia Pustaka. https://lnk.ink/j3pP
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v8i1.37150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Islamic Educational Management
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.