Tinjauan Supervisi Terhadap Kualitas Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Bireuen
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amri, K., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Akademik Dan Supportive Dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 884–894. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1177
Apiyani, A., Supriani, Y., Kuswandi, S., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.443
Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.14
Fitriana, Q. A., & Hamim Rosyidi. (2021). Self-efficacy dan Kemampuan Mendengar Aktif Konselor Sebaya terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(2), 74–80. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i2.631
Hasan, M., & Anita, A. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Di Ma Al Ishlah Natar Dan Ma Mathlaul Anwar Cinta Mulya. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6(1), 85. https://doi.org/10.24127/att.v6i1.2144
Ichda, M. A., & Mustiningsih, M. (2023). Studi Literasi Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Dunia Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2188–2195. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1401
Irawan, T., Hasan, M., & Fernadi, Feri, M. (2021). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in Jati Agung Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 7(2), 47–67.
Jannah, R., Umri, U., & Sabarudin, S. (2024). Implementasi Supervisi Kepala Madrasah dalam Perkembangan Madrasah (Tinjauan Kritis Terhadap Penelitian-Penelitian Terkini). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 419. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.3258
Kholiq, A., & Mufidhatul Jannah, A. (2022). Fungsi dan Jenis-Jenis Supervisi Pendidikan Islam. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.56854/sasana.v1i1.61
Nurul, S. (2022). Supervisi Kepala Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen, 4(1).
Sholeha, D., Lubis, N. M., Rifa, A., Ayundari, N. F., Sumayyah, L., & Nasution, I. (2023). Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(2).
Sonia, N. R. (2022). Supervisi Pengembangan Mutu Pendidikan: Tinjauan Konsep Developmental Supervision Glickman. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 103–122. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.97
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yulianto, E. (2024). Supervisi dalam Pendidikan Islam: Menyempurnakan Proses Pembelajaran Menuju Kualitas Pendidikan yang Unggul. Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 25–40. https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.35
Zohriah, A., Mu’in, A., & Lisdiawati, L. (2023). Supervisi Akademik Penentu Mutu Pendidikan. Attractive : Innovative Education Journal, 5(3).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v8i1.30060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Islamic Educational Management
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.