Perencanaan Sumber Daya Manusia Di SMAN 34 Jakarta

Hasyim Asy'ari, Ahmad Naufal, Dirsya Gina Yaser, Dzalisa Septiani Hardi, Lailatul Zahra

Abstract


Human Resources Planning yaitu Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu unsur terpenting untuk menciptakan suatu lembaga pendidikan yang efektif dan efisien. Dalam mengupayakan pencapaian tujuan yang diinginkan, suatu lembaga pendidikan tentu sangat memerlukan tahapan perencanaan Sumber daya manusia. Dengan perencanaan yang baik, dapat membantu meningkatkan keefektifan dalam struktur organisasi Sekolah. Metode Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif lapangan. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengungkap suatu gejala yang menjadi objek suatu bidang ilmu. Lebih khusus lagi, tujuan penelitian adalah untuk mengungkap kebenaran atau kesimpulan tentang suatu objek yang kemudian dapat dijadikan dasar untuk membentuk suatu teori. Adapun subjek penelitiannya adalah sumber daya manusia SMA Negeri 34 Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan sumber daya manusia di SMA Negeri 34 Jakarta Selatan berjalan dengan efektif dan efisien. Pada penelitian ini ditemukan bahwa perencanaan sumber daya manusia yang dilakukan oleh kepala sekolah, dan staff-staffnya berjalan dengan baik dan dapat di lihat dari beberapa program perencanaan sumber daya manusia yang berjangka di lingkungan SMA Negeri 34 Jakarta Selatan ini. 

Full Text:

PDF

References


David, L. (1995, December). The Art of HRM: Human Relationship Management. Paper Presentend at the Australian and New Zealand Academy of Management Conference Townsville, Queensland.

Fahmiah. (2017). Manajemen Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Bidang Pendidikan : Manifestasi Dan Implementasi. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1).

George, V. (2018). The Role of Human Resource Planning in Organizational Succes. International Journal of Creative Research Thoughts.

Ghimire, B. (2020, May). Human Resource Planning. Effective Library and Information Centre Management.

Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (2 ed.). Yogyakarta: BPFE.

Hanurawan, F. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara .

Hasmin, & Nurung, J. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Mitra Cendikia Media.

Hasnadi. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Jurnal BIDAYAH, 10(2).

Imron, A. (2013). Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jabani, M. (2015). Pentingnya Perencanaan Sumberdaya Manusia Dalam Sebuah Organisasi. Jurnal Muamalah, V(1).

Jackson, S. E., & Schuler, R. S. (1990). Human Resource Planning: Challennes for Industrial/Organizational Psychologist. American Psychologist.

Manzini, A. O. (1996). Integrating Human Resource Planning and Development: The Unification of Strategic, Operational and Human Resource Planning System. Human Resource Planning, 11(2).

Miner, J. B., Miner, J. B., & Miner, M. G. (1995). Personnel and Industrial Relation (A Managerial Approach) (2th Edition ed.). New York: The Macmillan Company.

Moleong, L. J. (1995). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mondy, R. W. (2008). Human Resource Management. (edisi 10, jilid 1 ed.). New Jersey:Pearson Education.

Narutomo, T. (2012). Manajemen Perubahan Dalam Paradigma Pengembangan Sumber Daya Manusia Guna Mendukung Keunggulan Kompetitif Organisasi.

Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia (1 ed.). Rawamangun: Prenada Media.

Nawawi, H. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia: untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press.

Schuler, R. S., & Walker, J. W. (1994). Integrating The Human Resources Function with the Bussiness Resources Planning. Human Resources Planning.

Ulfatin, N., & Triwiyanto, T. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan (Cet 1 ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Werther, W. B., & Jr, K. D. (1996). Human Resources and Personnel maangement. New York: McGraw-Hill.

Widajanti, E. (2007, Oktober). Perencanaan Sumberdaya Manusia Yang Efektif: Strategi Mencapai Keunggulan Kompetitif. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 7(2).

Winarti, E. (2018). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v6i1.20569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats