Analisis Dokumen Perencanaan Strategis dalam Pengembangan Pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta

Elbina Mamla Saidah, Irawati Irawati, Edison Edison

Abstract


Sebuah perguruan tinggi harus memiliki perencanaan berjangka dalam merumuskan strategi pendidikan agar mampu bersaing dan bertahan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah dokumen Rencana Strategis untuk mengukur langkah-langkah yang harus dilakukan stake holder agar mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis dokumen renstra salah satu Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau yaitu STAI Hubbulwathan Duri. Metode yang digunakan adalah field research dengan mengumpulkan data melalui wawancara kepada pimpinan STAI Hubbulwathan Duri, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul direduksi, didisplay dan diinterpretasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dokumen Renstra yang sudah disusun memenuhi standar komponen yang harus ada pada sebuah Renstra, namun program-program yang disusun belum mengarahkan pada pencapain visi karena belum tertuang kondisi eksternal yang bisa dijadikan acuan untuk berdaya saing dan unggul di kawasan provinsi Riau.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Edward Sallis, Total Quality Management in Education. (Jogjakarta: IRCiSod,2012 cet XVI,hlm 212

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013), hal.19

John M. Bryson, Strategic Planning For Public and Non Profit Organization; A Guide to Strengthening and Sustaining Organization Achievement, (San Fransisco: Jossey Bass, 2011), h. 7-8

Lubis, M. F., Arifin, Z., & Bintang, A. (2019). Analisis Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa Pekerja di Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 104–117.

McNamara, Carter. Basic description of strategic plenning, http:/www.managementhelp.org/plan 2014

Pearce dan Robinson, Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Jakarta: Binarupa Aksara, 1997

Philip Kotler, dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Indeks, 2009), hal.63

Onsardi. (2018). Loyalitas Karyawan Pada Universitas Swasta di Kota Bengkulu. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 2(1), 1–13.

Pisel, K. (2008). A strategic planning process model for distance education. In Online Journal of Distance Learning Administration (Vol. 11, Issue 2, pp. 1–9). http://www.westga.edu/~distance/ojdla/summer112/pisel112.html

Pramitha, D. (2016). Urgensi Perumusan Visi, Misi Dan Nilai-Nilai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 01(01), 8–9.

Razak, Y., Darwyan, S., & Hsb Aziz Abd. (2016). Kepemimpinan, kinerja dosen dalam peningkatan mutu pendidikan perguruan tinggi. TANZIM Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(2), ISSN: 2548-3978.

Ropianto, M., Rukun, K., Hardianto, M., Hayadi, B. H., Mesterjon, M., Utami, F. H., & O. Candra, M. (2017). Optimization of Strategic Planning Organization in the Framework of Achievement Objectives of Education. Atlantis Press, 149(Icest), 149–151. https://doi.org/10.2991/icest-17.2017.50

SARI, A. Y. E. (2020). Perumusan Strategi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo dalam Meningkatkan Daya Saing Research (Vol. 2507, Issue February).

Syahrul. (2017). Perencanaan Strategis dan Praktiknya di Perguruan Tinggi. Shautut Tarbiyah, 36(XXIII), 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v5i2.19515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats